Hallobogor.com, Ciawi – Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti, mengaku bahwa pihaknya belum mengetahui adanya penerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun Biaya Siswa Miskin (BSM) fiktif. Kendati demikian, Bupati mengajak masyarakat untuk proaktif melaporkan kepada dirinya jika di sekolah-sekolah ditemukan data BOS atau BSM fiktif. “Kan di-update terus, gak mungkinlah ada penerima fiktif. Tapi kalau ada sampaikan kepada saya sebagai bahan evaluasi,” tegas Hj. Nurhayanti.

Selama ini, kata Bupati, segala bentuk bantuan selalu diawasi baik oleh guru-guru pengawas di UPT, Inspektorat maupun pengawas eksternal seperti Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sementara itu, sejumlah orang tua murid di Kecamatan Ciawi, mensinyalir ada Sekolah Dasar yang sengaja membuat data fiktif penerima BOS dan BSM. “Ada beberapa siswa yang sudah lulus, tapi namanya masih tercatat sebagai penerima BOS di sekolah itu. Nah, kalau setiap pencairan dana BOS itu dibagi dua oleh si penerima dan pihak sekolah,” ungkap orangtua murid tersebut tanpa bersedia namanya dituliskan.



Dirinya juga menyayangkan lemahnya pengawasan di lapangan termasuk lemahnya orangtua murid untuk melaporkan persoalan tersebut. (cep)