Hallobogor.com, Cisarua – Selama bulan suci Ramadan hingga menjelang Lebaran, harga kebutuhan pokok masyarakat atau sembilan bahan pokok (sembako) selalu cenderung mengalami kenaikan. Guna mengantisipasinya, Pemerintah Kecamatan Cisarua siap bekerjasama melakukan operasi pasar dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor.

Camat Cisarua, Bayu Rahmawanto, mengatakan, rencana operasi pasar ini sedang dibahas. “Dalam waktu dekat kami akan melakukan operasi pasar untuk mencegah terjadinya kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Dalam pelaksanaannya, kami akan didampingi Disperindag dan Unit Pasar Cisarua,” ujarnya, Rabu (23/5/2018).

Selain melakukan operasi pasar, kata Bayu, pihaknya juga akan bekerjasama melakukan pemantauan berbagai macam komoditas secara serius dari sisi higienitas makanan. Hal ini guna mengantisipasi agar tidak ada makanan atau minuman yang kadaluarsa, mengandung bahan pengawet berbahaya, mencegah masuknya daging oplosan atau gelonggongan, daging celeng (bsbi hutan), juga daging kuda, dan sejenisnya.

“Suasana menjelang Lebaran, di mana kebutuhan makanan dan daging meningkat, kami akan melakukan pemantauan juga. Karena tidak menutup kemungkinan adanya bahan pengawet dalam jenis makanan yang dijual oleh pedagang. Penjualan daging juga sangat kami awasi,” tegasnya. (dang)