Hallobogor.com, Kota – Seminar BOTRAM 2015, Selasa (11/8) di Ruang Rapat I Balaikota Bogor diisi beragam narasumber. Salah satu yang cukup menyita perhatian peserta adalah kehadiran chef kondang Bara Pattiradjawane. Dalam sesinya, Chef Bara berbagi tips mengolah makanan sehat yang kandungan vitamin dan proteinnya tetap terjaga. Di awal pemaparan, chef yang sempat mengisi program mingguan di saluran tv swasta tersebut menceritakan karirnya yang dimulai dengan berjualan tiramisu.

“Sebagai penjual makanan, higienitas merupakan tanggung jawab moral. Ada 3 hal yang saya tekankan dalam mengolah makanan, yaitu BSD,” ujar Chef Bara. BSD ini, lanjutnya, terdiri atas Bersihkan, Sanitasikan, dan Disinfektasikan. Maksudnya, bersihkan dari debu dan kotoran, sanitasikan semua alat dengan deterjen, dan disinfektasikan untuk membunuh semua jenis kuman. Langkah terakhir ini bisa menggunakan klor yang terdapat dalam cairan pemutih.

Di tengah presentasinya, chef yang mengawali karir dengan menjual tiramisu tersebut juga menjelaskan mengenai cara yang baik menyimpan dan membekukan bahan baku makanan dalam freezer. “Jangan membekukan ulang apapun yg sudah cair, karena itu sudah mengandung kuman. Dan semua makanan yang akan dibekukan harus dibungkus 2 kali, terutama ikan atau daging sapi. Hal ini untuk menghindari freez burn,” jelasnya.

Usai pemaparan dibuka tanya jawab seputar pengolahan makanan yang akan dijual. Di akhir sesi, chef yang murah senyum itu mengajak selfie kepada semua pengunjung untuk kemudian fotonya diunggah via akun twitter pribadinya.

Seminar BOTRAM ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bogor, Global Halal Centre, dan LPPOM MUI Kota Bogor yang membahas perihal makanan sehat dan halal. (kot)