Hallobogor.com, Bogor – Peringatan Hari Pahlawan dijadikan momen bagi Pondok Pesantren Daarul Uluum, Bantarkemang, Kota Bogor, untuk mengingatkan kembali eksistensi dan peran kalangan santri.

Kepala Madrasah Daarul Uluum, H. Hasbulloh, mengungkapkan, perjuangan para pahlawan dapat menjadi motivasi para santri untuk berjuang mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia yang sudah diraih dengan berbagai prestasi, karya, dan peran nyata di masyarakat.

Ada tiga peran yang bisa dilakukan oleh santri dalam merefleksikan dan meneladani jasa pahlawan. Di antaranya, santri sangat berperan sebagai pemersatu dan memperjuangkan perdamaian di lingkungan mereka masing-masing. Selama di pesantren para santri sudah terbiasa dalam kemajemukan dan berada dalam berbagai macam perbedaan, baik perbedaan bahasa daerah maupun perbedaan asal suku mereka.

Santri dapat berperan pula sebagai pencerah di lingkungan mereka berada dengan bermodalkan ilmu dan budi pekerti atau akhlak yang sudah mereka dapatkan selama di pesantren. Pencerahan kepada masyarakat ini dapat dilakukan dengan mengedepankan ilmu pengetahuan dan metodologi nalar ilmiah yang sudah mereka pelajari. Sehingga dengan ilmu tersebut, masyarakat dapat diajak untuk mencari solusi dan memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat.

Peran lainnya yang dapat dilakukan oleh santri adalah sebagai pemimpin, memimpin dirinya untuk tetap menjadi teladan di lingkungan mereka masing-masing serta memimpin masyarakat untuk terus bergerak menciptakan kedamaian serta menghasilkan karya terbaik, agar kepemimpinan yang para santri lakukan memberikan makna bahwa mereka memang layak memimpin masyarakat.

“Saya berharap santri dapat memaknai peringatan Hari Pahlawan sebagai momentum untuk meningkatkan peran para santri dalam berbagai bidang di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Hasbulloh yang juga sebagai Ketua DPD KNPI Kota Bogor. (dns)