Hallobogor.com, Bogor– Rencana optimalisasi Terminal Baranangsiang Bogor yang selama ini sempat terkatung- katung, sepertinya akan segera terlaksana. Bahkan dalam waktu dekat ini kawasan Terminal akan dikosongkan. Hal itu berdasarkan informasi pihak ketiga saat PT Pancakarya Grahatama Indonesia ( PT PGI) bertemu Walikota Bogor Bima Arya belum lama ini.

Sekretaris Korporasi PT. PGI Firman Dwinanto mengatakan, dari hasil pertemuannya dengan Walikota, bahwa adanya kesepakatan bersama, bahwa terminal segera dieksekusi dan secepatnya dibangun.

” Ya, pertemuan antara kami PT PGI dengan Walikota tentu membahas kelanjutan soal terminal. Ada bahasan tentang kepastian kelanjutan kerja sama antara PT PGI dengan Pemkot Bogor. Selain kesepakatan bahwa terminal segera dikosongkan dan akan dibangun,” ujar Firman Dwinanto, saat dikonfirmasi, Senin (15/02/2015).



“Pemkot menyambut baik kedatangan kami dan sudah memberikan kepastian kepada PT PGI kapan Terminal Baranangsiang akan mulai dire­vitalisasi,” tambahnya.

Saat ditanya kapan rencana pengosongan terminal dan tahap pembangunannya, pihaknya belum dapat memastikan.

“Waktunya kapan, nanti saya infomasikan kembali. Yang pasti rencana pembangunan terminal Ba­ranangsiang sudah berjalan dengan baik,” kata Firman.

Firman mengatakan, ada beberapa kesepakatan yang dibahas dengan Walikota Bima Arya, terkait dengan desain yang akan digunakan untuk membenahi Terminal Baranangsiang Bogor.

“Pihak PT PGI diminta oleh Pemkot Bogor merevisi desain, dan desain akan segera diselesaikan PT PGI pada akhir Februari. Setelah desain diselesaikan, akan dilanjutkan pengikatan atau perjanjian tentang desain yang disepakati.

“Desain yang diminta Pemkot Bogor sudah kami pahami dan akan di­lanjutkan dengan Addendum perjanjian setelah desainnya diselesaikan bulan ini,” jelasnya.

Dengan pertemuan ini, apa yang dibahas oleh Walikota diharapkan Firman pembangunan Terminal Baranangsiang Bogor segera direalisasikan sesuai kesepakatan bersama. Melihat kondisi terminal yang sudah tidak layak dan mengkhawtirkan.

“Revitalisasi terminal harus dilakukan dengan cepat untuk mengantisipasi lambatnya pembangunan terminal.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat mengatakan, rencana optimalisasi Terminal Baranangsiang sebenarnya sudah final dan dikerjakan oleh pengembang pihak ketiga yakni PT PGI.

“Kemarin kita mendapatkan rekomendasi dari Polresta untuk segera membangun Terminal Baranangsiang. Itu menjadi salah satu poin yang perlu disikapi oleh Walikota Bogor Bima Arya,” kata Ade.

Dari poin-poin yang diperintahkan oleh Walikota, persoalan Terminal Baranangsiang agar segera disikapi. Meski perlu dukungan dari berbagai pihak, agar pembangunan bisa segera terealisasi.

“Terutama dengan dengan anggarannya. Optimalisasi inipun menjadi referensi bagi kepentingan program,” harapnya. (dan)