Hallobogor.com, Bogor – Ucup adalah salah seorang penerima manfaat dana bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kampung Tipar RT 04/04 Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Namun sudah lebih dari satu bulan ini keluarganya masih belum bisa mengisi rumahnya dan harus mengungsi ke rumah saudaranya lantaran renovasi rumahnya belum rampung.

Menurut Ucup, dana renovasi RTLH untuk rumahnya yang diberikan pemerintah tidak mencukupi. “Jadi ngegantung. Sudah satu bulan lebih Ucup mengungsi di rumah saya, rumahnya memang sedang direnovasi, tapi bahan matrial yang diberikan pemerintah lewat bantuan RTLH memang tidak mencukupi,” kata Ahmad, saudara Ucup.

Dari bahan bangunan yang dikirim ke rumah Ucup, lanjut Ahmad, sepertinya masih kurang. “Ada beberapa bahan yang dikirim, terkait harga barangnya coba saja kita hitung bareng-bareng,” ungkapnya.

Mantan Kepala Desa Ciawi, Nana, mengatakan, dana RTLH yang saat ini dialokasikan bukan lagi tanggungjawabnya, sebab pada saat pengalokasian dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai kepala desa.

“Saya sudah beres, dan hal itu adalah tanggung jawab Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa, silakan ditanya langsung ke Pjs,” tegas Nana.

Pjs Kepala Desa Ciawi, Yusuf, mengaku, awalnya memang ada 10 rumah yang mendapatkan bantuan dan kesemuanya sudah selesai, tapi kemudian menyusul 1 unit rumah dan belum selesai.

“Coba nanti bisa menghubungi pak Haji Deden sebagai Ketua Tim Pelaksana Kegiatan,” pungkasnya. (wan)