Hallobogor.com, Cibinong – Hingga Jumat 15 April 2016, Dana Desa (DD) untuk 417 desa di Kabupaten Bogor belum juga cair. Namun kabar baik mulai berhembus dan akan segera cair dua minggu lagi.

Molornya pencairan DD karena harus menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Dan,PMK baru diterima oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor Kamis (6/4/2016).

Kabid Kekayaan Desa BPMPD Kabupaten Bogor, Siti Jatnika, mengatakan, PMK dibutuhkan karena ada perubahan tahapan pencairan bantuan DD dari 40-40-20 menjadi 60-40.



“Adanya perubahan regulasi tahapan pencairan bantuan Dana Desa cukup menghambat pencairan. Perubahan itu membutuhkan dasar hukum, dalam hal ini PMK dan Peraturan Bupati (Perbup),” ujar Siti Jatnika, Jumat (15/04/2016).

Ia menjelaskan, minggu depan Perbup akan direvisi dan secepatnya bantuan DD akan cair ke Pemerintah Desa.

“Revisi Perbup sudah ada yaitu Perbup Nomor 8 Tahun 2016, namun belum ditandatanggani oleh bupati. Nanti Perbup ini mengatur tahapan pencairan bantuan Dana Desa dan waktu penyerahan laporan pertanggungjawabannya,” tambah Siti.

Pencairan bantuan DD untuk tahun ini dijadwalkan akan terealisasi April ini dan September mendatang. Dia menjelaskan, untuk pencairan bulan ini, laporan pertanggungjawaban harus selesai pada Juli nanti. Sementara untuk pencairan September, laporannya pada Februari 2017.

“Pencairan bantuan ini akan terealisasi apabila Pemerintah Desa sudah melaporkan pertanggungjawaban bantuan Dana Desa di semester ketiga tahun 2015 lalu,” lanjut dia.

Setiap desa nantinya akan mendapatkan bantuan dana mulai dari Rp490 juta hingga Rp1,2 miliar per tahun. Besarnya bantuan DD ini tergantung jumlah masyarakat miskin, letak geografis, dan luas wilayahnya. 

Semakin jauh desa, semakin luas, semakin banyak masyarakat miskin, dan semakin tertinggal insfratrukturnya, maka semakin besar jumlah bantuan DD yang diterima.(Cep)