Hallobogor.com, Bogor – Danone Indonesia bersama mitra melakukan penilaian mandiri atas ketersediaan akses air, sanitasi dan kebersihan di dua lokasi kerja. Kegiatan ini dilakukan di Pabrik AQUA Ciherang, Kabupaten Bogor, dan di kantor pusat Danone Indonesia di Gedung Cyber 2, Jakarta. 

Penilaian ini bagian dari rangkaian deklarasi komitmen WASH (Water Access, Sanitation and Hygiene) @Workplace yang dilakukan Danone pada Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) 2017 di Hotel Le Meridien Jakarta, Selasa 7 November 2017.  

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, mengatakan, komitmen WASH@Workplace adalah upaya perusahaan untuk mewujudkan akses air, sanitasi, dan kebersihan yang aman dan memadai bagi seluruh karyawan di dalam area kerja perusahaan dalam kurun waktu tiga tahun sejak ditandangani. 



Danone Indonesia yang meliputi AQUA Grup, Nutricia, dan Sarihusada ini mendeklarasikan komitmen WASH@Workplace karena memiliki visi untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif, meningkatkan standar kesehatan dan keselamatan kerja, memenuhi hak-hak dasar karyawan, meningkatkan brand value serta menjadi perusahaan yang terdepan dalam berkontribusi mencapai target SDGs. 

“Hal ini cukup penting karena Danone Indonesia memiliki 15.000 karyawan yang tersebar di kantor pusat, kantor cabang, 22 pabrik dan beberapa depo,” kata Vera.

Saat ini di Indonesia terdapat lebih dari 16 juta orang yang bekerja di sektor industri. Para karyawan ini menghabiskan 1/3 waktunya di area kerja, sehingga penyediaan akses air, sanitasi dan kebersihan yang aman dan memadai menjadi penting. Ketika kebutuhan mereka terpenuhi maka diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dengan berkurangnya angka ketidakhadiran karyawan karena sakit yang berkaitan dengan ketersediaan air, sanitasi dan kebersihan. Karyawan yang terbiasa berperilaku bersih dan sehat di lingkungan kerja juga dapat membawa kebiasaan tersebut ke dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sehingga diharapkan terjadinya efek domino dari inisiatif ini. 

“Penerapan WASH@Workplace di area kerja Danone Indonesia lainnya akan mulai dilakukan di awal 2018 dan setiap tahun akan dipantau kemajuannya,” tukasnya. 

Vera menambahkan, selanjutnya Danone akan melakukan Training of Trainer (ToT) bagi karyawan untuk dapat menilai secara mandiri, menetapkan prioritas pengembangan, membuat rencana kerja dan melakukan perbaikan untuk mencapai standar yang ditetapkan oleh WBCSD. 

Vera menambahkan, sebelum WASH@workplace, Sejak 2007 Danone Indonesia melalui AQUA Grup juga telah mengembangkan program WASH berbasis pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasional AQUA Grup dan daerah dengan tingkat akses air bersih yang rendah. 

“Sampai dengan akhir tahun 2016, program WASH yang diimplementasikan bersama lebih dari 19 mitra LSM, Perguruan Tinggi dan Pemerintah, telah memberikan manfaat kepada lebih dari 135.000 jiwa dan membangun lebih dari 10.000 Sambungan Rumah, yang tersebar di 18 kabupaten dan 70 desa di Indonesia. Perusahaan kami akan terus melakukan program WASH di masyarakat, hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan kami untuk berkontribusi pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia,” tutup Vera. (cep)