Hallobogor.com, Bogor – Partai Demokrat Kabupaten Bogor masih terus menjaring kandidat yang siap menjadi calon bupati Bogor pada Pilkada Juni 2018. Demikian pula dengan koalisi, parpol besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini masih terbuka dan terus menjalin komunikasi politik dengan parpol lainnya.

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Anton Sukartono Suratto, mengemukakan, hasil penjaringan sementara sudah ada lima kandidat yang mendaftarkan diri melalui kendaraan Demokrat. Mereka adalah Inggrid Kansil (mantan Aleg DPR istri Syarief Hasan), Fardan Fauzan (mantan Anggota DPR RI), Asep Wahyu Wijaya (Aleg Provinsi Jawa Barat), Didin Supriadin (Aleg Provinsi Jabar), dan Fitri Putra Nugraha alias Nungki.

“Semua kandidat belum fix. Penjaringan belum selesai. Semuanya akan disurvei dan hasilnya akan diusulkan ke DPD dan DPP. Yang terbaik dalam survei belum tentu dipilih oleh DPD atau DPP. Pilihan DPP pun belum tentu kalau hasil koalisi berbeda,” kata Anton Sukartono Suratto di sela Kontes Pleci Mania Demokrat Cup di kediaman Anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi Demokrat Abdul Jalil, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Senin (1/5/2017).

Anton memastikan, awal Juli 2017 sudah punya kandidat yang fix dari Demokrat untuk disurvei. “Agustus Insha Allah sudah punya calon yang siap diproklamirkan di Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Mengenai koalisi, Anton mengatakan bahwa Demokrat sudah membangun komunikasi intensif dengan PDI Perjuangan. “F1 dari PDIP dan F2-nya Demokrat. Ini wajar karena PDIP punya 7 kursi di DPRD dann Demokrat 4 kursi,” ujarnya.

Akan tetapi, kata dia, tidak menutup kemungkinan parpol mana pun masih bisa bergabung. “Entah PKB, Nasdem, Hanura. Masih terbuka semua. Koalisi dengan Golkar juga sangat mungkin. Karena Demokrat dengan semua partai tak ada yang musuhan, termasuk dengan PKS dan Gerindra,” kata Anggota Komisi V DPR RI ini.

Anton kembali menegaskan, konstelasi koalisi masih cair hingga declaire di KPU mssing-masing membawa SK DPP. “Intinya kita sangat harap siapa pun yang jadi harus bisa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bogor,” imbuhnya. (cep)