Hallobogor.com, Bogor – Partai Demokrat mulai membuka pendaftaran bakal calon (Balon) pada Pemilukada Gubernur serentak tahun 2017 mendatang, Kamis (31/03) esok.

“Instruksi DPP karena tahapan ini banyak, besok mulai tahapan penjaringan bakal calon gubernur,” ujar Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjahitan di Bogor, Rabu (30/03/2016).

Penjaringan memakan waktu sebulan penuh ini, kata dia, terbuka bagi siapa saja baik kader maupun non kader Demokrat. Termasuk untuk balon gubernur yang bakal maju di Pemillukada Gebernur DKI Jakarta.

Dikatakannya, sampai saat ini ia belum bisa bicara banyak soal balon yang diusung oleh partai Demokrat. Nanti setelah pendaftaran barulah akan diumumkan. “Ada 1, 2, 3 atau 5 orang yang mendaftar mereka juga diminta untuk melakukan survei sendiri, kami survey juga. Untuk keputusannya nanti oleh Pak SBY,” ungkapnya.

Terkait Gubernur Jawa Timur, Soekarwo yang digadang-gadang dijagokan partai Demokrat, Hinca mengatakan, memang dalam penataran pimpinan dan kader kemarin, SBY menyebut Soekarwo merupakan salah satu gubernur terbaik. Namun, menurutnya dalam ruang demokrasi hal itu sah-sah saja.

“Kan selain Pak Soekarwo, kami punya gubernur terbaik lain yaitu M. Ridho dari Lampung dan Tuan Guru Bajang dari NTB dan kemarin juga banyak bupati hadir. Pak SBY juga menyampaikan dalam garis pemerintahan anda harus tunduk ke presiden tapi garis partai ke Demokrat,” tandasnya. (hrs).