Hallobogor.com, Ciawi – Hujan yang mengguyur setiap hari tidak hanya menyebabkan longsor dan banjir di kawasan Kecamatan Cigombong dan Cijeruk. Pada Minggu (11/11/2018), hujan yang disertai angin kencang menyapu lima unit rumah milik warga di Kampung Lebak RT 1/11, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Kelima rumah mengalami kerusakan cukup berat. Bagian atap rumah seperti genteng dan asbes berterbangan ditiup angin puting beliung yang terjadi pada pukul 14.25 Wib.

Meski tidak ada korban jiwa, akibat bencana tersebut para pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian belasan juta rupiah. Mereka pun terpaksa harus menginap sementara di saudara atau tetangga terdekat.



“Sedikitnya lima rumah terkena angin puting beliung. Atap-atap rumah warga terbang. Kejadian itu sudah dilaporkan ke pihak berwenang,” ujar Ketua Satuan Siaga Bencana dan Harkamtibmas (SSBH), Dilah Kholik.

Terpisah, mengantisipasi terjadinya bencana alam akibat cuaca buruk tersebut, para Kepala Desa di Kecamatan Cisarua dan Megamendung kini mulai bersiaga. Terutama, desa-desa yang sering dilanda longsor. “Kami sudah siaga untuk mengantisipasi terjadinya bencana longsor. Para anggota Linmas terus melakukan pemantauan,” ujar H. Falah, Kades Kuta. Desa Kuta tahun lalu pernah dilanda gempa bumi dan puluham rumah warga hancur.

Sementara itu, hujan yang turun setiap hari sejak pukul 12.00 Wib hingga sore dan malam juga mulai berdampak pada infrastruktur jalan di kawasan Megamendung dan Cisarua sehingga banyak yang mengalami kerusakan. Terlebih, Jalan Cikopo Selatan yang membentang dari kawasan Gadog ke Cisarua. Kerusakan jalan alternatif ini kian bertambah parah. (dang)