Hallobogor.com, Ciawi – Masyarakat bersama Pemerintah Desa Bitungsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, mendeklarasikan diri stop buang air besar (BAB) sembarangan. Masyarakat Bitungsari menyatakan siap menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Deklarasi ini sebagai salah satu oenerapan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang digencarkan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor.

Deklarasi di hadapan Pejabat Dinkes dan UPT Puskesmas Ciawi ini juga dimeriahkan oleh atraksi cuci tangan pakai sabun oleh siswa siswi SDN Telukpinang 3.

Inti deklarasi antara lain, masyarakat Desa Bitungsari menyatakan 100 persen menggunakan sarana sanitasi jamban atau tidak lagi BAB sembarangan. Warga juga menyatakan mendukung Kabupaten Bogor bersih dan sehat.

“Dulu tahun 1980-an banyak warga yang masih dolbon atau modol di kebon. Karena kurang sarana. Sekarang sudah lengkap apalagi dibantu berbagai program dari pemerintah seperti PNPM. Kami sangat mendukung program sanitasi ini,” kata Ketua BPD Bitungsari, Diding Arifin. (cep/wan)