Hallobogor.com, Caringin – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor terus menggeber kampanye pencegahan penyakit kaki gajah. Kampanye di seluruh desa di 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor ini, dalam rangka implementasi program bulan eliminasi kaki gajah yang dicanangkan Presiden RI di Cibinong awal Oktober 2015.

Pada Senin pagi (19/10/2015), sosialisasi giliran di Kantor Desa Ciderum, Kecamatan Caringin. Sosialisasi dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Caringin dan UPF Puskesmas Desa Ciderum.

Sosialisasi ini diikuti oleh TP PKK Ciderum dan para kader Posyandu, ketua RT dan RW, serta tokoh masyarakat.

Kepala UPF Puskesmas Desa Ciderum, Bidan Imas Masitoh, mengatakan, sosialisasi sebagai langkah antisipasi agar masyarakat memahami penyakit kaki gajah yang disebabkan cacing filariasis serta pencegahannya.

“Sebagai langkah antisipasi Puskesmas juga menyiapkan 14 pos pengaduan. Pos tersebut untuk memantau, menampung berbagai keluhan dan pertanyaan masyarakat tentang penyakit kaki gajah. Masyarakat juga minum pil kaki gajah nanti tanggal 23 Oktober pukul 14.00 Wib,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Ciderum, Asep Hudri, menegaskan, di desanya sampai dengan saat ini tidak ada warga yang menderita penyakit kaki gajah. “Kami menyambut baik upaya preventif ini. Karenanya kami mengimbau agar masyarakat senantiasa tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat,” katanya.(cep)