Hallobogor.com, Cisarua – Sistem Komunikasi Desa (Siskomdes) masih belum dimaksimalkan oleh setiap desa. Umumnya, Siskomdes hanya aktif pada momen dan bulan-bulan tertentu.

Agar Siskomdes tetap eksis dan dirasakan manfaatnya untuk masyarakat, Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, kini mulai membangkitkan Siskomdes melalui personel yang terdiri dari para perangkat desa, Ketua RT, RW, dan anggota Linmas.

Kepala Desa Citeko, H. Sahrudin, mengatakan, untuk kembali Siskomdes pihaknya mulai mengalokasikan anggaran Dana Desa tahap satu bagi pengadaan perangkat alat komumikasi. Sehingga seluruh anggota Siskomdes dilengkapi satu unit pesawat radio handy talky.

“Siskomdes harus tetap eksis dan berkontribusi kepada masyarakat. Karena, peran Siskomdes sangat bermanfaat bagi lingkungan. Khususnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Melalui Siskomdes yang benar-benar aktif, berbagai hal yang sifatnya akan mengganggu terhadap kenyamanan warga akan cepat tertangani. Karena, lewat komunikasi di pesawat radio akan lebih efektif dan cepat pergerakan para anggota Siskomdes,” ujarnya.

Sekretaris Desa Citeko, Firmansyah, menambahkan, dalam waktu dekat anggota Siskomdes akan digembleng melalui diklat yang sudah disiapkan.

“Tidak hanya dilengkapi oleh pesawat radio, namun mereka juga akan diberi ilmu melalui diklat yang akan menghadirkan SSBH. Ini dilakukan, supaya para anggota Siskomdes memiliki dasar ilmu standar terhadap penanganan bencana,” pangkas Firmansyah. (dang)