Hallobogor.com, Bogor – Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes merupakan salah satu lembaga yang bisa dikembangkan oleh setiap desa dalam upaya memajukan desanya. Melalui BUMDes, masyarakat bisa menggali dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa.

Seperti yang dilakukan Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. Desa yang berlokasi di kawasan pariwisata Puncak ini juga memiliki sejumlah potensi, khususnya di sektor pariwisata. BUMDes Desa Gadog akan mengkhususkan mengelola peluang usaha wisata air saluran irigasi. “Walaupun BUMDes-nya belum terbentuk, tapi tempat dan jenis usahanya sudah kami rencanakan. Wisata air saluran irigasi bakal menjadi andalan bagi BUMDes Desa Gadog,” kata Kepala Desa Gadog, Dedi Junaedi.

Dedi menegaskan, BUMDes Desa Gadog akan secepatnya dibentuk dan sudah masuk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes). “Segala perizinan untuk penggunaan saluran irigasi tersebut sebagian sudah ditempuh, diharapkan nantinya bisa berkembang sesuai apa yang dicita-citakan,” ujarnya.



Rencana tersebut mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat Gadog, Azet Baesuni. Menurutnya, jika wisata air tersebut bisa dikelola dengan baik maka bisa menjadi pemasukan bagi kas Desa Gadog nantinya. “Di samping menjadi ajang pemasukan bagi desa, diharapkan juga nantinya dapat menyerap tenaga kerja, terutama bagi warga sekitar,” pungkasnya. (wan)