Hallobogor.com, Cisarua – Kendati berada di kawasan Puncak, Desa Citeko dan Kopo, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, kerap kesulitan terhadap air bersih pada saat musim kemarau. Guna menangani permasalahan itu agar tidak terulang setiap tahunnya, dua desa kini tengah menggeber pembangunan saluran pipanisasi dengan memanfaatkan sumber mata air kaki Gunung Pangrango.

“Citeko hingga kini masih kekurangan air bersih. Saluran air bersih yang ada belum mampu menangani kebutuhan warga. Dengan memanfaatkan bantuan dari pemerintah, kami sedang membuat saluran pipanisasi air bersih dan bak penampungan dari sumber mata air di Gunung Pangrango,” ujar Pejabat Sementara Kepala Desa Citeko, Ridwan Wahyudin.

Terkait pengambilan air dari wilayah Gunung Pangrango, kata Ridwan Wahyudin, pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) sudah memberikan izin kepada Pemerintah Desa. “Kami sudah melakukan rapat di kantor TNGGP, Cipanas. Dan pihak TNGGP sudah memberikan izin,” pungkasnya.

Terpisah, Kades Kopo, Agus Sahrudin, juga sudah membentuk tim untuk penanganan air bersih yang akan disalurkan kepada warganya. “Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kami akan menggerakkan pengelolaan sarananair bersih. Dalam waktu dekat ini tim akan mulai melakukan penyelesaian pembuatan bak penampungan air juga pembuatan saluran air. Kami harapkan krisis air bersih di Kopo bisa tertangani secara bertahap,” katanya. (dang)