Halobogor.com, Cisarua – Desa-desa di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, sudah satu pekan ini menggeber pelayanan perekapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP-el kepada warganya yang belum memiliki identitas penting ini. Pada Selasa kemarin, giliran Desa Kopo mengadakan perekapan KTP-el itu.

Kesempatan baik ini tidak disia-siakan oleh warga yang belum memiliki KTP-el. Sejak kantor desa buka mulai pukul 7.30 Wib hingga pukul 15.00 Wib, sedikitnya 100 orang pemohon KTP-el datang ke kantor desa. Di antara warga ada yang sama sekali belum memiliki KTP-el namun banyak juga yang pembuatan ulang akibat ketidakcocokan namanya.

Kasie Pelayanan Kecamatan Cisarua, Isur Surwiti, mengatakan, program perekapan KTP-el ke desa-desa, menindaklanjuti surat yang dilayangkan dari Disdukcapil Kabupaten Bogor dan menanggapi surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkaitan dengan pemutakhiran data penduduk.

“Disdukcapil sudah memiliki data warga yang belum memiliki KTP-el. Kami mendapatkan nama-nama warga di masing-masing desa dari Disdukcapil. Untuk pelaksanaannya, kami lakukan undangan kepada warga melalui Pemerintah Desa. Hasilnya, masyarakat sangat antusias sekali,” ujarnya.

Solihin, salah seorang warga, mengaku sangat terbantu untuk mendapatkan KTP-el karena sangat diperlukan olehnya. “Sekarang ini KTP-el sangat penting dalam keperluan berbagai urusan administrasi. ami benar benar memanpaatkan program yang dijalankan pihak desa ini,” katanya. (dang)