Hallobogor.com, Bojonggede – Dalam rangka evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun 2016 dan sosialisasi pembangunan tahun 2017, Pemerintah Desa (Pemdes) Rawapanjang, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, menggelar Musyawarah Desa (Musdes).

Musdes dihadiri Kepala Desa (Kades), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), seluruh Kepala Dusun (Kadus), Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) di Desa Rawapanjang. Mereka membahas berbagai persiapan program pembangunan desa tahun 2017 bersumber dari Dana Desa (DD) tahap I tahun 2017.

Kades Rawapanjang, Marullah, HR, mengatakan kegiatan ini dalam rangka evaluasi pembangunan tahun 2016 dan sosialisasi pembangunan tahun 2017.

“Musdes ini diharapkan bisa menyelesaikan program-program sesuai dengan yang diinginkan,” katanya.

Marullah menambahkan, Desa Rawapanjang pada Tahun 2017 mendapatkan DD Rp952.544.079, di mana pelaksanaan pembangunan tahap I tahun 2017 sebesar Rp571.526.447 akan diprioritaskan untuk pembangunan jembatan penghubung dua kampung dan sisanya untuk jalan lingkungan.

Marullah juga berharap kepada masyarakat untuk ikut aktif berpartisipasi dan melakukan pengawasan dalam proses pembangunan. Sehingga, ke depannya pelaksanaan kegiatan pembangunan di wilayah yang dipimpinannya berhasil. 

“Kami mengajak kepada masyarakat Rawapanjang berperan aktif dalam pembangunan di Rawapanjang. Sehingga untuk mewujudkan Visi Rawapanjang Bebenah bisa terwujud,” ajaknya.

Sementara itu, Pendamping Desa Kecamatan Bojonggede, Iman Taufik mengatakan, dengan Musdes ini diharapkan adanya transparansi penggunaan Dana. Perencanaan dilakukan secara musyawarah dan pelaksanaan harus dijalankan sesuai dengan musyawarah. Selain itu desa harus transparan dalam penggunaan dana. Dana yang didapatkan dari desa harus dilaporkan kepada seluruh warga desa. (cep)