Hallobogor.com, Bogor – Hujan deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor pada Sabtu petang (24/11/2018) mengakibatkan banjir bandang di Kampung/Desa Telukpinang RT 05/RW 02. Sedikitnya tiga rumah jebol dan ratusan rumah warga rusak parah akibat tergenang air setinggi lutut orang dewasa.

Banjir bandang terjadi karena saluran irigasi meluap akibat tersumbat sampah terseret dari hulu.

Ketua RW 08 Telukpinang, Ade Ripai, mengatakan, sebenarnya peristiwa seperti ini bukanlah hal baru setiap kali hujan deras di wilayahnya.

“Wilayah RT 2 kampung ini berada paling bawah dari saluran ini sehingga terlebih dahulu yang terkena dampak apabila saluran irigasi Telukpinang meluap. Ini bahkan bukan pertama kali, tetapi setiap kali hujan deras pasti saja kampung ini terkena dampak,” ungkapnya.

Ade menegaskan, atas nama warga pihaknya meminta kepada pihak yang terkait agar segera melakukan upaya agar ada sousi mengenai permasalahan ini.

“Saya berharap beberapa Kepala Desa yang wilayahnya dilewati saluran ini mengadakan koordinasi dengan camat dan pihak UPT Kebersihan serta UPT Pengairan guna membicarakan persoalan ini agar ada solusi untuk penanganannya,” pungkasnya. (wan)