Hallobogor.com, Bogor – Jelang akhir tahun 2015, pesona batu akik sedikit meredup. Di kala sedang demam batu akik melanda, dari anak-anak sampai dewasa, rakyat biasa sampai pejabat, semua memburunya hingga harga batu akik melambung.

Selain itu, di hampir semua kota kini sudah terdapat sentra jual beli batu akik. Termasuk di Bogor. Berbagai pameran batu akik juga kerap dihelat.

Alih-alih bicara batu akik, ada kisah tersendiri di balik pameran batu akik yang pernah digelar di Mall BTM, Jalan Djuanda, Kota Bogor, pada awal Desember 2015 lalu. Dalam pameran yang memperebutkan Piala Gubernur Jawa Barat itu, jenis batu akik Kian Santang asli Bogor adalah yang paling dicari.

Adalah Wahyudi Lukman alias Pepe salah seorang penjual batu akik yang ikut dalam pameran itu. Bahkan ia memiliki beberapa batu akik Kian Santang.

“Di tengah berlangsungnya pameran itu, pas acara dimulai, dua batu Kian Santang punya saya dipinjam oleh pak Dimas selaku General Manager BTM waktu itu. Tenyata salah satu batu Kian Santang saya yang dipinjam pak Dimas diberikan ke pak Usmar Hariman, Wakil Wali Kota Bogor tanpa memberitahu saya,” ungkapnya.

Menurut Pepe, dua batu Kian Santang yang dipinjam Dimas merupakan prototipe yang terbaik dan terbagus.

“Saya pinjamkan ke pak Dimas karena pak Dimas waktu itu GM BTM dan tidak ada perjanjian jual beli, cuma meminjamkan,” tandasnya.
Hingga Senin (28/12/2015), kata Pepe, batu akik Kian Santang miliknya tak pernah kembali. Demikian pula dengan Dimas. “Saya sudah berusaha mengejar pak Dimas tapi menghindar terus sampai dianya resign dari BTM,” tegasnya.

Hingga kini Pepe masih berupaya mengejar batunya. Bahkan ia pun berupaya mengejar manager pengganti Dimas di BTM.”Tapi yang ada main lempar-lemparan,” ujarnya.

Pepe mengungkapkan, batu akik Kian Santang yang dipindahtangankan ke Usmar Hariman pernah ada yang menawar Rp20 juta.

“Tapi waktu itu saya ga kasih karena itu prototipenya. Kalau tahu akan kejadian seperti ini sudah saya jual,” imbuhnya kesal.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, mengakui pernah diberi hadiah batu akik oleh Manager BTM, Dimas.

“Tapi saya kan tidak suka batu akik. Saya tidak ingat lagi, kalau gak salah ada yang minta dan saya kasih,” katanya.(cep)