Hallobogor.com, Bogor – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mulai membuka mata atas kritikan pedas berbagai kalangan. Salah satunya ikut menghadiri aksi penanaman pohon dengan inisiator Gerakan Tanam Pohon (GTP) Heri Cahyono.

“Pada Sabtu pagi (9/4/2017) saya dihubungi Wali Kota sekitar pukul 7.00 wib. Beliau mengatakan, “GTP apakah akan lakukan penanaman hari ini? Saya jawab “ya”, lalu beliau mengatakan saya mau hadir, saya mau minta maaf pada GTP”,” ungkap Heri Cahyono.

“Dengan mengucap alhamdulillah, saya katakan “silakan pa Wali hadir, kami akan sambut Wali Kota dengan baik dan Insha Allah teman-teman tidak punya perasaan apa-apa, nanti kita menanam bersama-sama,” lanjutnya. Bima pun hadir dalam aksi GTP didampingi wakilnya Usmar Hariman.

Heri pun lantas menyinggung soal tidak disebut-sebutnya GTP dalam acara repleksi tiga tahun kepemimpinan Bima-Usmar. “Jadi saya pikir mungkin Wali Kota kemarin ketika acara helaran repleksi tiga tahun pemerintahan Bima- Usmar tidak sengaja tidak memberikan penghargaan kepada GTP. Dan itu sebenarnya tidak masalah tidak menyebut GTP dalam pidatonya,” kata politisi Partai Golkar ini.

Menurutnya, tidak disebutnya GTP bisa saja bukan kesalahan Wali Kota. “Orang sekelas wali kota itu barangkali sudah disetting oleh timnya. Mungkin beliau hanya menjalankan jadwal saja atau menjalankan kegiatan sesuai dengan setingan timnya, sehingga kami cukup mengapresiasi sikap gentleman-nya wali kota ini, sehingga apa yang dilakukan oleh teman-teman memberikan kontribusi buat Kota Bogor ini diapresiasi oleh kepala daerah untuk bersama-sama menanam pohon,” beber dia.

Heri menegaskan, sebenarnya GTP menanam selama dua tahun ini dengan panggilan jiwa alias tidak mengharapkan penghargaan atau apapun, juga oleh siapa pun. “Menanam pohon ini dipersembahkan untuk masyarakat Kota Bogor, untuk kita dan anak cucu kita. Bukan untuk wali kota. Sehingga kami tidak berharap apresiasi dari siapa pun. Walau pun wali kota berganti-ganti, pohon yang dianam itu akan terus memberikan manfaatnya dan terus memberikan kegunaan bagi Kota Bogor sepanjang masa.

Tetapi tentu kami berikan apresiasi atas kebersamaan wali kota kali ini. Bahkan wakil wali kota juga hadir, jadi kepala daerah dua-duanya hadir ini sesuatu yang luar biasa, dan nantinya akan menimbulkan dampak yang luar biasa di masyarakat GTP semakin besar,” tandas Heri. (dns)