Hallobogor.com, Bogor – Kantor Kelurahan Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, mendadak ramai didatangi berbondong-bondong ratusan warga, pada Sabtu (20/02/2016). Kedatangan warga sejak pagi ini hendak melakukan pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP, KK dan Akta Kelahiran.

Kepala Bidang Kependudukan pada Disdukcapil Kota Bogor, Agus Suparman mengatakan, kegiatan baru pertama kali di Kelurahan Kertamaya ini merupakan hasil kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dengan Himpunan Mahasiswa Indoensia (HMI) Cabang Kota Bogor dalam kegiatan Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) ke-11.

“Pelayanan pengurusan dokumen kependudukan sehari ini meliputi KTP, KK dan Akta Kelahiran. Disini hanya permohonan berkas dan perekaman KTP saja, sementara untuk proses fisiknya di Kantor Disdukcapil. Dan warga diminta untuk menyertakan nomor hand phone untuk mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut terkait penerbitan fisiknya melalui SMS gate way,” ungkapnya.



Sementara Koordinator Pelaksana HMI Cabang Kota Bogor, Syarif Hasan menambahkan, Kemah Bakti Mahasiswa (KBM) kegiatan tahunan HMI Cabang Kota Bogor adalah kegiatan pengabdian mahasiswa secara langsung untuk mengurai permasalahan apa saja yang ada di masyarakat.

“Kegiatan ini untuk menjembatani permasalahan masyarakat dengan pemerintah khususnya disini dengan Disdukcapil terkait pelayanan dokumen kependudukan. Warga disini menyampaikan cukup lumayan jauh ketika mengurus dokumen kependudukan di kantor Disdukcapil. Untuk itu, mereka sangat mengharapkan kepada pemangku kebijakan agar nantinya pelayanan ini dialihkan di setiap kecamatan,” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, lanjut Syarif, awalnya disediakan kuota untuk 300 pemohon, namun animo masyarakat sangat tinggi hingga siang ini saja sudah terdaftar sebanyak 315 pemohon. Ia juga mengatakan, pemilihan lokasi Kelurahan Kertamaya setelah observasi di lapangan dimana kelurahan ini masuk dalam wilayah perbatasan di Bogor Selatan. Sehingga akses untuk menuju kantor Disdukcapil dirasa warga cukup jauh.

“Untuk fisik KTP, KK dan Akta Kelahiran nantinya juga akan kita tindaklanjuti untuk distribusikan melalui kelurahan. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada hambatan, semua warga sudah tahu tentang persyaratan apa saja yang dimohonkan karena kita sudah lebih dulu melakukan sosialisasi terkait hal ini,” ucap mahasiswa Fakultas Hukum UIKA Bogor ini.

Camat Bogor Selatan, Usman TZ mengungkapkan, dirinya mengapresiasi kegiatan kemudahan pelayanan pengurusan dokumen kependudukan khususnya bagi masyarakat Kelurahan Kertamaya. Setidaknya, kata dia, bisa mengurangi animo masyarakat untuk datang ke kantor Disdukcapil.

“Kedepan setiap kecamatan akan menjadi tempat pelayanan dokumen kependudukan. Perangkat berikut petugas langsung dari Disdukcapil, kita hanya memfasilitasi tempat,” tukas Usman.

Masih di lokasi yang sama, Burhan, warga RT02/05 mengatakan hal senada. Ia sangat menyambut baik kegiatan yang digagas Disdukcapil dan HMI Cabang Kota Bogor. Karena selama ini menurutnya pengurusan dokumen kependudukan langsung ke kantor Disdukcapil.

“Kami merasa terbantu sekali selain akses cukup dekat ketika ada kekurangan persyaratan berkas bisa balik lagi tidak seperti ke kantor Disdukcapil. Belum lagi antrinya. Harapannya kedepan pelayanan serupa bila dilakukan lagi tidak hanya disini tapi di kelurahan lain,” tandasnya. (hrs).