Hallobogor.com, Bogor – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor  melaunching program terbarunya yakni dengan membuka lokasi pelayanan kependudukan di empat pusat perbelanjaan di Kota Bogor yang salah satunya pelayanan dibuka di Bogor Trade Mall (BTM), Jalan Ir. H Djuanda, Kota Bogor.

Cabang pelayanan ini diharapkan dapat mempermudah warga yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi Kantor Disdukcapil Kota Bogor.

“Target kami bisa membuka cabang di empat mall. Tapi tahun awal baru bisa di satu mall,” ujar Kepala Disdukcapil Kota Bogor Dodi Ahdiat, Jumat (3/6/2016), di BTM.

Dodi menjelaskan BTM dipilih sebagai mall pertama, salah satu pertimbangannya adalah karena cakupan wilayah pelayan BTM dapat merangkul warga Kota Bogor di wilayah selatan Kota Bogor. Seperti daerah Pasir Kuda dan Pasir Jaya.

Selain itu, pembukaan cabang di pusat perbelanjaan dilakukan karena pihaknya menyadari daya dukung Kantor Disdukcapil selama ini tidak cukup dan memadai. Sedikitnya ada sekitar 800 orang setiap hari yang harus dilayani dalam pembuatan dokumen kependudukan. Kantor disdukcapil disadari tidak memadai.

“Oleh karena itu kami hadir di mall ini. Sejujurnya ide membuka di mall adalah ide orisinil dari Walikota Bogor. Karena ini satu-satunya dan yang pertama kali,” ujar Dodi.

Untuk itu sambung Dodi, dengan dibukanya cabang di mall ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat mengingat keterbatasan SDM. Pelayanan di mall baru seputar pelayanan KTP-el. Setelah itu, tiga bulan mendatang target Kartu Keluarga, pembuatan Akta Kelahiran dan Akte Kematian dapat dilayani di mall dan enam kecamatan se-Kota Bogor.

Sementara itu Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, mulai Senin, mengurus KTP bisa di kecamatan masing-masing. Atau bisa ke BTM sambil mengurus KTP sambil berbelanja dan cuci mata.

“Saya berhadap dengan dibukanya pelayanan kependudukan di Mall dan semua kecamatan di Kota Bogor, akan semakin meningkatkan kepuasan masyarakat”, harap Bima. (dns)