Hallobogor.com, Cibinong – Kabid Keselamatan pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Muslim Akbar, mengatakan, pihaknya berencana untuk menggunakan sistem berbasis online dalam proses pengujian KIR kendaraan. Dengan sistem ini, pemilik kendaraan pun diharapkan tidak perlu lagi antre di tempat Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) untuk mendapat nomor.

“Uji KIR secara sistem ini juga sekaligus untuk menghindari adanya praktik pungutan liar (pungli), karena langsung berhadapan dengan sistem, sehingga menghindari kontek langsung dengan petugas,” kata Muslim. 

Muslim menambahkan, dengan sistem online ini nantinya pemilik kendaraan bila ingin melakukan pengujian juga bisa melalui smartphonenya dengan masuk ke aplikasi yang sudah disediakan. Dalam aplikasi itu, pemilik cukup memasukkan nomor kendaraan atau nomor uji kendaraan. Maka akan muncul data-data kendaraan. Seperti nomor uji, nomor kendaraan, nomor virtual account (VA), nama pemilik, alamat, dan jenis kendaraan. Kemudian nomor chasis, nomor mesin, lokasi uji, masa berlaku, status uji, dan nomor buku.



“Jadi tidak perlu lagi antre dan datang ke pengujian sehingga bisa cepat dan mudah,” tambahnya. (yad)