Hallobogor.com, Bogor – Sedikitnya lima titik pita kejut akan dipasang di ruas jalan seputaran Kebun Raya Bogor. Pemasangan pita kejut ini guna mengurangi laju kendaraan yang melintas di ruas jalan uji coba Sistem Satu Arah (SSA).

“Pita kejut ini akan dipasang di ruas Jalan Ottista satu titik. Sepanjang Jalan Juanda antara lain depan BTM, kantor Pos dan pintu Istana Bogor. Sedangkan Jalan Jalak Harupat satu titik sekitar Jembatan Sempur,” kata Kepala Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor, Acshin Prasetyo, seperti dikutip Halloapakabar.com, Selasa (5/4/2016).

Dia menjelaskan, pemasangan pita kejut atau pita penggaduh ini agar dapat mengurangi laju kendaraan dimana hasil evaluasi uji coba SSA membuat kecepatan kendaraan meningkat. Disamping itu, di kawasan tersebut terdapat beberapa perkantoran dan Kebun Raya berimbas pada ancaman keselamatan pejalan kaki dan penyebrang jalan.

Lebih jauh dikatakan Acshin, soal bentuk dan ukuran pita kejut nantinya akan disesuaikan dengan aturan yang ditetapkan oleh DLLAJ serta Dinas Bina Marga dan SDA.

“Untuk tebal dan lebar pita kejut, kami akan berkoordinasi dulu dengan Dinas Bina Marga,” sebutnya. (hrs).