Hallobogor.com, Bogor – Alunan live musik yang tadinya kencang mendadak terhenti kala aparat Polres Bogor Kota menggeruduk D’Sniper Cafe. Tempat hiburan malam (THM) yang terletak di kawasan BNR Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor itu disidak lantaran tidak mengindahkan surat edaran larangan beroperasi selama bulan Ramadhan.

Sidak dilakukan sekira pukul 00.00 WIB dipimpin langsung oleh Wakapolres Bogor Kota Kompol Irwansah beserta jajaran Polres Bogor Kota dan Polsek Bogor Selatan. Tampak hadir Ketua DPRD Kota Bogor Untung W. Maryono.

“Tempat (cafe, red) ini buka, pengelola beralasan sedang soft opening sudah satu minggu dan hanya menjual menu makanan dan minuman biasa. Tadi juga soal dokumen perijinannya belum ada,” terang Wakapolres, seperti dikutip Halloapakabar.com, Sabtu (2/7/2016) dini hari.

Irwansah mengatakan, pihaknya tidak berwenang untuk melakukan penindakan terhadap D’Sniper Cafe. Kata ia, penindakan berupa penyegelan merupakan kewenangan Pemkot Bogor melalui Satpol PP. “Kami hanya menghimbau agar cafe ditutup dulu sambil melengkapi dokumen perijinannya. Penyegelan bukan ranah kami,” ungkapnya.

Sementara itu dengan nada geram, Untung W. Maryono menegaskan, keputusan Muspida sudah jelas H-3 bulan Ramadhan hingga H+3 lebaran THM dilarang beroperasi. Namun, nyatanya masih ada THM yang membandel buka di bulan Ramadhan ini. “Saya tadi informasikan adanya ini kepada aparat terkait. Bahkan saya sudah menyampaikan ke Walikota tetapi tidak ada respon. Alhamdulillah pihak kepolisian merespon dengan cepat,” ungkapnya.

Untung juga menegaskan jika tidak ambil tindakan yang tegas , maka D’Sniper Cafe akan menjadi contoh bagi THM-THM lain yang ada di wilayah Kota Bogor, mengabaikan aturan yang telah dikeluarkan Pemkot Bogor. “Kalau semua harus tutup, mesti tutup semua. Ini malah buka, kenapa buka?, ada apa?. Siapa dibelakangnya?,” beber Untung.

Selain menyajikan live musik, D’Sniper Cafe juga menjual minuman keras (miras). Namun, pengelola cafe mengelak telah menjual miras. Padahal berdasarkan observasi sebelum sidak, cafe tersebut menyajikan ragam miras bahkan daftar menunya terpampang diatas meja bar. (hrs/ndy)