Hallobogor.com, Ciawi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Wilayah Ciawi mulai memperbaiki dua ruas jalan alternatif, yakni Jalan Veteran II Telukpinang-Banjarwaru dan Jalan Veteran III Banjarwaru-Tapos. Perbaikan jalan yang masih bersifat sementara ini menggunakan anggaran pemeliharaan.

Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah Ciawi, Eko Sulistio, mengatakan, perbaikan kedua jalan alternatif tersebut sudah menjadi skala prioritas Pemkab Bogor untuk segera dilaksanakan.

“Begitu ada kepastian kedua jalan alternatif ini harus segera ada penanganan, dan sudah masuk ke dalam anggaran pemeliharaan, kami langsung melakukan perbaikan,” ujarnya.

Menurut Eko, pelaksanaan perbaikan jalan alternatif menuju Sukabumi maupun Banjarwaru-Tapos, hanya bersifat sementara. Sehingga, para pekerja yang ada di UPT Jalan dan Jembatan melaksanakan tambal sulam di titik-titik kerusakan.

“Kami lakukan tambal sulam di setiap bagian jalan yang rusak. Yang penting kondisi jalan alternatif utama menuju Sukabumi dan sebaliknya itu, tidak terlalu rusak parah,” paparnya.

Eko menjelaskan, kedua ruas jalan alternatif ini, sudah masuk ke dalam Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor murni tahun 2018 mendatang. Bahkan, untuk pelaksanaan pembangunannya bisa dikerjakan pada awal tahun, persisnya setelah kedua jalan itu selesai dilelang di Kantor Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (KLPBJ).

“Karena perencanaannya masih tetap yang tahun 2017, makanya bisa langsung di lelang pada awal tahun 2018. Mudah-mudahan pada bulan Februari 2018 sudah ada perbaikan oleh pihak ketiga atau pemenang proyek jalan tersebut,” imbuhnya. (cep)