Hallobogor.com, Jasinga – Dua kecamatan di wilayah barat Kabupaten Bogor yakni Kecamatan Jasinga dan Sukajaya diterjang bancana longsor dan angin ribut. Peristiwa yang terjadi dalam sepekan ini mengakibatkan puluhan rumah warga rusak berat dan ringan.

Seperti bencana longsor yang terjadi di Kampung Pangradingirang RT 04/04, Desa Pangradin, Kecamatan Jasinga. Sedikitnya tiga rumah warga milik Asih, Ipon, dan Resti hancur setelah diterjang longsor.

“Ketiga rumah warga tersebut diterjang longsoran tanah tebing sepanjang 15 meter dengan ketinggian 8 meter,” jelas Kapolsek Jasinga, AKP Yayan Sopian, kepada Halloapakabar.com, Sabtu (30/4/2016).

Dikatakan Yayan, longsor diakibatkan hujan deras sejak sore hari terus menerus, mengakibatkan tanah bergerak hingga tanah menjadi retak dan tidak stabil. Longsor berupa tanah merah yang menimbun pemukiman warga hingga satu rumah dindingnya jebol.

“Namun peristiwa tersebut tidak menimbukan korban jiwa. Saat ini kami yang dibantu warga berupaya meminimalisir longsor susulan dengan membetulkan sementara tebingan,” imbuhnya.
Terpisah, kejadian serupa juga menimpa lima rumah yang menyebabkan kondisi rusak berat, tepatnya di Kampung Sidoger RT 02/05, Desa Sukajaya, Kecamatan Sukajaya.

Kepala Desa Sukajaya, Jefri Adi Priatna, mengungkapkan, hujan disertai air kencang yang terjadi pukul 19:30 wib menyebabkan lima rumah warga rusak berat dan satu rumah terkena longsor di Kampung Sidoger RT 02/05, Desa Sukajaya.

“Rumah warga yang mengalami rusak berat, rumah milik Ardi, Sapnah, Nati, Jahri, Sidik. Kami bersama Tim BPBD Kabupaten Bogor saat ini masih mendata rumah yang mengalami rusak dan membatu warga,” katanya. (eco)