Hallobogor.com, Bogor – Keluarga Alumni Institut Pertanian Bogor (KAMIPB) dalam waktu dekat segera mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin. Deklarasi juga bakal diikuti sejumlah alumni perguruan tinggi lain, plus simbol relawan se-Bogor Raya.

Deklarasi rencananya digelar di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (16/3/2091).

Koordinator KAMIPB, Titik Wijayanti mengatakan, dukungan terhadap paslon kubu 01 dilatari sejumlah faktor. Pertama, soal makin kencangnya kritikan sejumlah aktivis maupun alumni IPB lain, baik yang berkiprah di partai politik maupun organisasi tertentu, terhadap pemerintah.

Menurut Titik, dalam konteks berdemokrasi, kritik adalah sebuah keniscayaan. Asalkan disertai data-data valid dan faktual. “Ini sebaliknya, kadang-kadang disampaikan secara emosional,” ujar Titik melalui siaran persnya di Jakarta, Rabu (13/3/2091).

Dia menegaskan, manuver politik tersebut dikuatirkan membikin demokrasi menjadi tak sehat. Di sisi lain, banyak alumni IPB yang juga memiliki ‘akal sehat’ dalam melihat keberhasilan capaian pemerintah.

“Pastinya Alumni IPB masih banyak yang mendukung keberhasilan pemerintahan sekarang. Maka dari itu kami berhimpun dalam satu wadah KAMIPB. Ini kami lakukan dengan sepenuh hati,” tegas dia.

Titik juga bersyukur Jokowi kembali didampingi negarawan. Setelah Jusuf Kalla, eks Wali Kota Solo
tersebut kini berduet dengan Ma’ruf Amin. “Pak Kyai (Ma’ruf Amin) adalah tokoh NU (Nahdlatul Ulama), ormas Islam terbesar di Indonesia,” jelas Titik.

Adapun terkait teknis acara deklarasi, Titik menjelaskan jika pihaknya juga menggandeng Alumni SMA Bogor bersatu serta relawan pendukung 01. “Jadi kami buat Festival Rakyat Bogor Bersatu. Insya Allah Pak Jokowi akan hadir di tengah-tengah masyarakat Bogor,” jelasnya.

Senada, Ketua Panitia Penyelenggara Acara, Yayat Dinar mengatakan, kegiatan ini juga didukung oleh TKN dan TKD Kota Bogor. Termasuk forum perguruan tinggi nasional lainnya.

“Ada kejutan menarik dari Bapak Jokowi untuk warga Bogor. Kami mengajak siapapun untuk hadir bersama-sama pada acara Festival Rakyat Bogor Bersatu pada Sabtu. Mulai jam 07.00 pagi,” pungkasnya. (cep)