Hallobogor.com, Bogor – Menjelang Pilpres 2019, masyarakat mulai menyatakan sikap mendukung pasangan Capres dan Cawapres pilihan mereka. Ini seperti yang dilakukan masyarakat yang tergabung dalam Relawan Pondok Rejo Bravo 5.

Relawan Pondok Rejo Bravo 5 ini dipimpin Tovi Singgih bersama Ketua Tim Bravo 5 Pusat Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Relawan yang satu ini, selain terdiri dari masyarakat sipil, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pengusaha, juga berderet para jenderal TNI purnawirawan.



Selain Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, para mantan jenderal tersebut antara lain Letjen TNI (Purn) Sumardi, Letjen TNI (Purn) Suaidi Marasabessy, Mayjen TNI (Purn) Heriyono Harsoyo, Mayjen TNI (Purn) Heriyadi, Mayjen TNI (Purn) Jul Effendi, Brigjen TNI (Purn) SP Sitorus, Brigjen TNI (Purn) Eddy Kustiwa, dan Marsma TNI (Purn) Heryanto Rachman.

Selain mereka, terdapat pula Drs. H. Patekkai, SH. Msc, Gatot Kreshnopaty, H. Irsjad Djuwaeli, Yunus Shahab, Ketua Ekspreso H Endang Kosasih, serta Ketua Repdem Doddy Achdi Suhada.

Pelantikan dan deklarasi Relawan Pondok Rejo Bravo 5 digelar di Restoran Raffles, Jalan Raya Puncak, Cibogo, Cipayung, Megamendung, Kabupaten Bogor, Minggu (19/8/2018).

“Melalui pelantikan dan deklarasi ini kami Relawan Pondok Rejo Bravo 5 menyatakan siap dalam memberikan dukungan kepada pasangan Calon Presiden Jokowi dan KH Ma’ruf Amin. Hal ini sebagai salah satu kontribusi tim relawan dalam mengawal Jokowi untuk dua periode. Kami siap mengawal pelaksanaan pilpres 2019 nanti,” kata Tovi Singgih.

Usai acara, Ketua Ekspreso, H. Endang Kosasih, menyatakan selamat dan menyambut gembira dengan terbentuknya tim Relawan Pondok Rejo Bravo 5. “Hal ini sebagai wujud adanya sinergitas tokoh bangsa dalam mendukung Pak Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin sebagai gambaran pemimpin bangsa yang bisa mempersatukan umat dan keragaman NKRI,” katanya.

Masih di tempat yang sama, Yosephine Lenny selaku Ketua Perwakilan Pondok Rejo Bravo 5 di Inggris sekaligus Founder Sahabat Jokowi-Ahok di Middle East, mengharapkan, dengan posisi Prof. KH. Ma,ruf Amin sebagai wakil Jokowi bisa mempersatukan masyarakat dan merangkul semua kalangan khususnya jajaran para kiai dan ulama.

“Saya senang mempromosikan Indonesia dan menyuarakan prestasi Jokowi. Saya tinggal di berbagai negara. Dan 95 persen masyarakat Indonesia di luar negeri mendukung Jokowi,” ujarnya. (cep)