Hallobogor.com, Bogor – Dizaman modern seperti sekarang ini, ternyata dunia potografi tidak hanya diramaikan dengan kamera jenis digital atau yang populer disebut DSLR. Namun kamera tua yang masih bermesin analog pun rupanya masih tak kalah penting di mata pecinta dunia potografer.

Bahkan kamera tersebut kini malah semakin banyak peminatnya. Selain digandrungi para pecinta potografer di beberapa kota besar. Seperti di Bogor misalnya, ada sebuah komunitas dari perkumpulan penggemar kamera jadul.
Komunitas dinamakan ‘Analog Bogor’

Gafirat Theo Sembiring salah satu penggemar kamera analog menuturkan, Komunitas Analog Bogor terbentuk pada Juli 2015. Berawal sejak posting pertama kali di Instagram dan ingin memberikan pengetahuan serta informasi mengenai fotografi analog kepada seluruh pengguna sosial media Instagram.

Menurut Gafirat, potografi analog memiliki pemahaman dan tantangan dalam mengatur dan menyesuaikan cahaya dengan cuaca saat proses pengambilan gambar.

Yang jadi pembeda kamera digital dengan analog, kata Dia, adalah tidak mengandalkan proses editing, sehingga setiap fotografer dituntut untuk mendapatkan hasil foto yang baik sejak gambar masih ada di dalam film.

Dan Analog Bogor, lanjut Dia hadir sebagai komunitas bagi para fotografer analog yang beraktivitas di Bogor.

“Saat ini kegiatan fotografi dengan menggunakan kamera analog masih bisa dilakukan karena masih adanya ketersediaan film di pasaran dan proses cuci cetaknya masih bisa dilakukan. Saat ini sudah ada 25 anggota yang aktif bergabung. Tapi kita disini tidak memiliki ketua karena disini semua dalam proses belajar,” tutur Gafirat kepada Hallobogor.com, Minggu (14/08/2016).

Dia menyebut, tantangan fotografi analog adalah pada saat proses mencuci film, karena membutuhkan detail dan perasaan yang lebih dalam mendapatkan hasil akhirnya. 

“Tantangan tersebut tidak bisa kita dapatkan pada teknologi digital yang serba memberi kemudahan kepada penggunanya,” kata Dia.

Nah, gimana bagi Anda yang tertarik dan penasaran pada hasil kamera analog, komunitas Analog Bogor menggelar pameran foto mulai tanggal 13 – 21 Agustus 2016 bertema “Potret Bogor” yang berlokasi di Kuki Store & Café, jalan Halimun No.6, Babakan, Bogor Tengah.

Pameran foto ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat umum mengenai kehidupan di jalanan, aktivitas masyarakat dan objek wisata di Bogor baik kota maupun Kabupaten yang diabadikan menggunakan kamera analog.

“Ini adalah bentuk apresiasi kita untuk menghargai karya melalui dokumentasi foto dan dipamerkan. Diharapkan ini dapat menginspirasi orang lain serta membuka wawasan masyarakat mengenai fotografi khususnya kamera analog,”sambung Koordinator acara pameran foto Analog Bogor, Gafirat. (ndy)