Hallobogor.com, Jakarta – Tahun baru tiba, saatnya untuk membuat hal yang lebih baik untuk kemajuan diri, salah satunya bisa dimulai dari lingkungan pertemanan.

Secara tidak langsung, lingkungan pertemanan mempengaruhi perilaku kita. Jika berkumpul dengan orang-orang yang positif, maka kita juga akan mendapatkan energinya. Sebaliknya, bergaul dengan orang-orang negatif, akan membawa dampak buruk pada kebiasaan kita.

Untuk itu, 2019 ini baiknya menghindari orang-orang yang dapat membawa pengaruh buruk pada hidup Anda, seperti enam tipe yang akan dibahas berikut ini menurut Huffpost, Kamis (3/1/2019).



1. Menghilang tiba-tiba

Tipe seperti ini biasanya akan pergi jika sudah menemukan teman baru. Awalnya mereka akan penuh perhatian dan mampu menarik rasa simpati. Namun kemudian, mereka bisa menghilang begitu saja tanpa ada komunikasi.

2. Tidak dewasa

Berteman dengan seseorang yang memiliki sifat kekanak-kanakan atau tidak dewasa memang sangat merepotkan. Biasanya, mereka terus-menerus meminta pertolongan Anda untuk menyelesaikan masalahnya. Selalu ada drama baru yang mereka ciptakan untuk menarik simpati.

3. Narsis

Teman yang narsis cenderung memiliki sifat egois atau memikirkan diri sendiri. Oleh karenanya, lebih baik kita menghindari tipe teman ini.

“Orang-orang yang hanya menerima berpikir bahwa dunia adalah semua tentang mereka. Mereka akan membuat kesal secara emosional. Jangan biarkan mereka ada di ruang dalam hidupmu,” ujar Talia Wagner, seorang terapis pernikahan dan keluarga di Los Angeles.

4. Tukang kritik

Saling bertukar pendapat dan pandangan memang bagus dalam pertemanan. Namun, jika ia terus-menerus mengkritik semua yang Anda pilih, mungkin sudah waktunya untuk mengevaluasi kembali tempat mereka di hidup Anda.

5. Pencari perhatian

Orang yang mencari perhatian biasanya akan mendominasi percakapan dan mendikte semua rencana Anda.

“Mereka merasa tahu apa yang terbaik untuk semua orang dan akan memberitahumu apa itu, meski Anda tidak pernah bertanya. Jika Anda tidak menyukai atau bosan, mereka akan beralih ke orang lain yang akan mendukung kejenakaan mereka,” ujar Becky Whetstone, terapis pernikahan dan keluarga di Little Rock, Arkansas.

6. Penghasut

Dalam hidup, pasti Anda akan menemukan tipe teman yang seperti ini. Jika sedang ada gosip terbaru, Anda pasti mendengarnya dari orang-orang tipe ini. Bahayanya adalah Anda juga bisa jadi bahan gosipnya.

“Biasanya mereka tidak dapat dipercaya dan tidak setia dalam hubungan, dan mereka menunjukkan ini dalam cara-cara kecil yang tak terhitung jumlahnya. Ingatlah bahwa penghasut benar-benar berkembang ketika menciptakan perpecahan, menimbulkan keraguan dan ketidakpastian,” kata Becky, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (mar)