Hallobogor.com, Bogor – Semangat ratusan peserta training of trainer (TOT) saksi Partai Nasdem se-Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Kabupaten Bogor di Hotel Anggraini, Cisarua, makin terkatrol dengan kehadiran tokoh politik dan tokoh masyarakat H. Endang Kosasih. Ketua Ekspreso, H. Endang Kosasih hadir menjelang penutupan TOT, Minggu (23/9/2018), untuk membakar motivasi ratusan saksi Partai Nasdem.

Dalam motivasinya, H. Endang Kosasih berbagi ilmu dan pengalaman sebagai politisi maupun sebagai arsitek politik dalam banyak kontestasi baik Pilkada maupun Pileg dan Pilpres.

“Para saksi harus bisa sama rasa dengan masyarakat. Saksi adalah garda terdepan untuk memenangkan partai minimal di TPS. Saksi juga berfungsi menggiring masyarakat jauh sebelum pencoblosan. Berdasarkan pengalaman, meski suatu kampung sudah terkondisikan akan tetapi karena jauh ke TPS tingkat partisipatif sangat minim. Ini tugas saksi atau kader partai,” ungkapnya.

Menurut Endang Kosasih, para saksi diharapkan bisa mengedukasi masyarakat. Terlebih jumlah kartu/surat suara pada Pileg/Pilpres terdapat lima lembar dengan warna yang berbeda. Dalam sosialisasinya, saksi bisa melakukan simulasi pencoblosan dengan contoh surat suara yang sama persis.

“Yang jauh lebih penting lagi saksi harus bisa meyakinkan masyarakat di sekitar TPS agar sama-sama melakukan perubahan agar negara lebih baik dan bagaimana caranya memenangkan partai yang diusung yaitu Nasdem yang mengusung perubahan. Saya sendiri sangat salut dengan Ketua Umum Partai Nasdem pak Surya Paloh yang tak pernah negosiasi jabatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Endang Kosasih optimistis Sondang dan Wahyudin (Sowan) bisa terpilih menjadi wakil rakyat dari Partai Nasdem. Sondang Tarida Tampubolon merupakan caleg DPR RI nomor urut 1 dari Dapil V Kabupaten Bogor dan Wahyudin alias Acil caleg DPRD Kabupaten Bogor nomor urut 8 dari Dapil 3. Kegiatan TOT bagi ratusan saksi ini juga merupakan hasil kerja sama duet Sowan. Pada sesi pembukaan TOT, Sabtu (22/9/2018), dihadiri Ketua DPW Nasdem Jabar Saan Mustopa dan Ketua DPD Nasdem Kabupaten Bogor Albert Pribadie. (cep)