Hallobogor.com, Bogor – Universitas Pakuan (Unpak) Bogor telah menggelar Lokakarya kurikulum berbasis KKNI Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, di Gedung Rektorat, Selasa (01/09).

Rektor Unpak Bogor, Bibin Rubini mengatakan, melalui kegiatan lokakarya yang diselenggarakan Unpak Bogor selama dua hari kedepan, dan diikuti oleh para dosen, narasumber dan stakeholder serta alumni, diharapkan kedepan adanya peningkatan mutu mahasiswa dan lulusan dalam menghadapi era globalisasi.

“Jadi kita akan siapkan lulusan-lulusan mahasiswa yang bermutu dan siap menghadapi persaingan era globalisasi nanti,”ujar Bibin kepada Hallobogor.com.

Kurikulum ini, kata Dia, harus berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Karena menurutnya saat ini kita harus bisa mengantisipasi kebutuhan para lulusan dengan lapangan pekerjaan yang menanti didepan mata.

Dengan merealisasikan kurikulum berbasis KKNI, lanjutnya, merupakan sebuah langkah upaya dalam mengantisipasi kebutuhan lulusan yang siap dalam menghadapi kompetisi di tingkat Asean maupun Global.

Bibin berharap, dengan terselenggara kegiatan lokakarya, kurikulum nantinya baik secara isi, proses maupun aoutput bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan, Agnes Setyowati, menambahkan dengan kurikulum berbasis KKNI, nanti akan diketahui bagaimana mengaplikasikan kurikulum tersebut.

Kurikulum KKNI itu merupakan rujukan yang sesuai dengan pasar kerja, sehingga penyusunan kurikulum dibutuhkan dan harus diaplikasikan dalam pembelajaran mahasiswa nanti.

“Secara kesiapan, mau tidak mau dan suka tidak suka harus siap menghadapi MEA dan era globalisasi kedepan, karena persaingan akan semakin ketat,”katanya.

“Kita menginginkan lulusan dari program studi ilmu bahasa dan ilmu komunikasi bisa mengaplikasikan ilmunya dan mereka bisa diterima di pasar kerja,”sambungnya. (Dani)