Hallobogor.com, Bogor – Kota Bogor masuk diantara 17 kota yang akan memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar. Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini akan diluncurkan bersamaan dengan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari mendatang.

“Ya, Kota Bogor masuk dalam kota yang akan memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar pada Februari 2016 mandatang,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor, Lilis Sukartini, seperti dikutip Halloapakabar.com, Senin (25/01/2016).

Lanjut Lilis, pihak BPLH saat ini tengah menggodok payung hukum atas kebijakan tersebut berupa Perwali. Poses selanjutnya tinggal evaluasi kemudian sosialisasi kepada pelaku usaha pusat perbelanjaan dan toko modern yang ada di Kota Bogor.

Lilis mengatakan, harga kantong plastik berbayar yang akan disesuaikan nantinya untuk konsumen dikisaran lima ratus rupiah/pcs.

Tujuan upaya ini, kata Lilis, setidaknya bisa mengurangi sampah plastik terutama kantong plastik dikarenakan sampah ini sulit untuk diurai di lingkungan. (hrs).