Hallobogor.com, Ciawi – Kerusakan parah Jalan Veteran II (Desa Telukpinang-Banjarwaru), Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, gagal ditangani dengan cara lelang di Pemkab Bogor maupun oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemprov Jabar. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknik Jalan dan Jembatan (TJJ) Wilayah Ciawi, Eko Sulistyo, memaparkan, peningkatan Jalan Veteran tersebut sudah direncakan sejak lama dan sudah masuk ke proses lelang. Bahkan, sudah muncul pemenang tendernya.

“Namun di tengah proses tiba-tiba nomenklatur berubah dengan adanya SOTK (sistem organisasi dan tata kelola) dari awalnya Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR). Semua berkas pun ditarik dan gagal lelang,” ungkapnya.

Kendati gagal, kata Eko, masih sempat diupayakan dengan DAK bantuan dari Pemprov Jabar. “Dengan DAK juga gagal karena tidak cukup waktu untuk pelaksanaanya,” ujarnya.

Lantas Jalan Veteran II sebagai alternatif utama dari jalur Bocimi ke Jalan Raya Puncak ini tak akan ditangani? Eko menegaskan bahwa pihaknya tetap mengupayakan agar tetap tertangani meski bukan melalui proses tender.

“Kami sudah mengajukan ke Kepala Dinas PUPR agar tetap bisa ditangani. Untuk sodetan (saluran air) menggunakan ABT (anggaran belanja tambahan) dan untuk pengaspalannya dengan dana pemeliharaan. Yang penting tertangani,” tandas Eko. (cep/wan)