Hallobogor.com, Cisarua – Kondisi Sungai Ciliwung dicemari sampah dari hulu hingga ke hilir. Selain sampah yang berasal dari rumah tangga, sejumlah tempat wisata dan wisatawan juga ikut menyumbang sampah ke Sungai Ciliwung.

Prihatin dengan kondisi tersebut, masyarakat Puncak Kabupaten Bogor yang tergabung dalam Satgas Lingkungan Hidup akan bekerjasama dengan masyarakat Kecamatan Cisarua menggelar kegiatan Gebrak DAS Ciliwung. Kegiatan sosial peduli lingkungan Sungai Ciliwung ini akan dilaksanakan pada tanggal 22 November 2016.

Berdasarkan data yang sudah tercatat di kepanitiaan, sedikitnya 830 peserta sudah mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam event ini. Rencananya, event akan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Baat Dedi Mizwar.



Menurut Ketua Panitia Gebrak DAS Ciliwung, Tb. Boy Payumi, para peserta yang akan terlibat tersebut, nantinya akan melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang DAS Ciliwung di Kecamatan Cisarua. Sampah- sampah yang ada di aliran sungai akan dikumpulkan di suatu tempat, yang selanjutnya akan diangkut oleh petugas kebersihan.

“Kegiatan nanti itu benar-benar murni untuk penyelamatan Sungai Ciliwung. Karena, keberadaan sungai tersebut sudah dikotori oleh berbagai jenis sampah. Nantinya sampahnya bukan hanya dikumpulkan, tetapi akan ditimbang supaya masyarakat luas mengetahui secara pasti jumlah berat sampah yang dibuang ke sungai tersebut,” ujar Boy.

Boy mengatakan, setelah Sungai Ciliwung bersih dari sampah, pihaknya akan mengajak seluruh lapisan masyarakat, supaya tidak lagi membuang sampah ke sungai. Seruan itu akan disampaikan melalui komunikasi yang akan dilakukan oleh para anggota Satgas Lingkungan yang tersebar di setiap Rukun Tetangga di seluruh desa. Termasuk melakukan penanaman ribuan pohon di sepanjang aliran DAS Ciliwung. (dng)