Hallobogor.com, Bogor – Meski dibawah terik sinar matahari tak menyurutkan gerakan menaman pohon yang dilaksanakan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Bogor.  Penanaman pohon ini dilakukan di kawasan Jalan Riau, RT03/03, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (22/4/2016).

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor Dadang Danubrata mengatakan, gerakan penanaman pohon tersebut tak hanya dilaksanakan di Kota Bogor akan tetapi dilaksanakan secara setentak hari ini oleh DPC kota dan kabupaten se-Indonesia. “Tujuannya yang pasti dalam rangka memperingati Hari Bumi. PDI Perjuangan ingin berperan aktif dan bekerja secara nyata untuk bersama sama menjaga bumi ini, sebagai bentuk kongkritnya melakukan gerakan menanam pohon secara serentak, hal ini agar bumi kita tetap hijau dan terbebas dari polusi,” jelasnya.

Pada kegiatan kali ini, lanjut Dadang, pihaknya melibatkan seluruh pengurus DPC, PAC dan rating di wilayah setempat. Tak ketinggalan para anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PDI Perjuangan. “Karena dadakan, hari ini secara simbolis ditanam 20 pohon mulai dari bibit pohon mahoni, pala, manggis, tanjung, jambu kristal, dan salam. Tapi, nanti gerakan menanam pohon akan dilanjutkan pada 8 Mei 2016 mendatang dengan penanaman 1.000 bibit pohon di Kampung Rambai, Kecamatan Bogor Utara,” ujarnya, seperti dikutip Halloapakabar.com.

Dadang juga mengatakan, pihaknya ingin agar tanaman ini bisa bermanfaat bagi penghijauan sekitar dan hasilnya bisa dinikmati oleh warga. “Ini bentuk nyata kepedulian PDI Perjuangan akan melestarikan lingkungan hidup. Kita juga ingin mengajarkan kepada anak cucu kita agar bersama sama menjaga dan mencintai lingkungannya dengan cara menanam pohon agar bumi yang kita cintai ini masih bisa dinikmati oleh generasi kita yang akan datang,” sebut orang nomor satu di partai berlambang banteng hitam bermoncong putih Kota Bogor itu.

Sementara Anggota DPRD Kota Bogor Atty Somadikarya menambahkan, masih dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT PDI Perjuangan ke 43 dan Hari Bumi, gerakan menanam pohon akan diperluas lagi di enam kecamatan Kota Bogor. “Aksi penghijauan seperti ini memang harus terus dilakukan, selain untuk menjaga kesedihan air karena air sebagai sumber kehidupan dan kebutuhan sehari-hari, setidaknya juga dengan banyaknya pohon menjadikan lingkungan sekitar sejuk,” kata Atty.

Atty yang juga anggota Komisi C menghimbau agar Pemkot Bogor jangan mengeluarkan izin mendirikan bangunan (IMB) khususnya pembangunan perumahan. Hal ini dikarenakan sudah banyak alih fungsi lahan dari pertanian dan perkebunan menjadi perumahan. Akibatnya, ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi berkurang. “Apalagi penyediaan RTH di Kota Bogor sejauh ini belum mencapai persentase sebesar 30 persen sesuai disyaratkan UU 26/2007 tentang Penataan Ruang,” tandas dia. (ndy/hrs).