Hallobogor.com, Cisarua – Setelah beberapa bulan lalu dikunjungi puluhan desa dari Aceh, kini giliran 17 desa asal Halmahera, Provinsi Maluku Utara, yang menimba ilmu ke Desa  Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Mereka datang untuk study banding khususnya mengenai keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Cibeureum.

Dalam kesempatan ini, Ketua Apdesi Kabupaten Halmahera, Rustam Tabanyo, mengatakan, banyak yang bisa didapat dari Desa Cibeureum dan bisa diterapkan di Halmahera. “Secara wilayah sangat berbeda akan tetapi secara teknis ada yang dapat diadopsi. Kami mendapat banyak inspirasi yang akan dibawa ke daerah dan akan kami terapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Sekdes Cibeureum, Deden, menjelaskan, perbedaan kultur wilayah maupun budaya mungkin bisa saja berbeda akan tetapi secara prinsip apa yang telah diterapkan di Cibeureum bisa saja diterapkan di Maluku.

“Syukur kami telah bisa berbagi dengan pihak sepenanggungan selaku Pemdes dan mudah-mudahan mereka mampu mengadopsi apa yang telah kami jalankan di desa ini,” harapnya. (wan)