Hallobogor.com, Ciawi – Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), setiap sekolah saat ini sedang disibukkan dengan pengadaan perangkat komputer sesuai denhan jumlah peserta ujian. Selain komputer, pihak sekolah juga harus memasang perangkat server, pembenahan sistem dan ruangan, hingga melakukan sosialisasi dan pelatihan bagi calon peserta ujian.

Kondisi ini seperti dilakukan SMP Negeri 1 Ciawi, di Desa Banjarwangi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Sekolah ini harus menyediakan sedikitnya 150 unit komputer namun baru terpenuhi 40 unit.

“Meski ujian nasional masih menyisakan waktu beberapa bulan lagi namun persiapan menjelang itu tentunya harus disiapkan sejak sekarang, dari pengadaan barang sampai ke pemasangan server agar saat tiba waktunya semua komputer yang tersedia bisa digunakan dengan maksimal oleh peserta,” kata Kepala SMPN 1 Ciawi, Algustri.



Algustri mengatakan, sistem UNBK ini akan segera disosialisasikan ke para calon peserta pada Februari esok. “Mengenai kekurangan perangkat komputer dan server ini merupakan tanggung jawab kami pihak sekolah. Kami akan mengupayakan, jika anggarannya mencukupi kami pasti beli lagi sesuai yang kekurangannya, dan jika anggaran itu tak mencukupi kami akan upayakan meminjam ke SMAN 1 Ciawi. Jumlah anggaran pengadaan perangkat komputer ini sekitar tiga ratus jutaan. Kami berharap anggaran yang disediakan dari pusat bisa mencukupi,” jelasnya.(wan)