Hallobogor.com, Ciawi – Peneliti pada Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Universitas Indonesia (UI), dr. Diah Evasari mengatakan posisi Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan harga rokok termurah di dunia. Kondisi ini mengkhawatirkan karena zat adiktif yang terdapat dalam rokok membuat perokok tidak akan berhenti membeli dengan perubahan harga yang kecil.

“Cukai rokok di negara kita hanya 46 persen. Terendah di dunia. Anehnya dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 hanya ditentukan cukai rokok maksimal 57 persen dari Harga Eceran Tertinggi (HET). Padahal WHO telah merekomendasikan agar minimal 70 persen dari HET,” katanya dalam sebuah workshop di Ciawi, Kabupaten Bogor, seperti dikutip Halloapakabar.com, Selasa-Rabu (22-23/3/2016).

Dr. Eva, begitu ia disapa, salah seorang aktivis yang setuju kalau harga rokok di Indonesia harus dinaikan agar tingkat konsumsinya menurun dan jumlah pasien yang sakit akibat rokok juga dapat ditekan.

“Seharusnya pemerintah mulai menaikkan harga rokok dan 40 persennya bisa digunakan untuk membiayai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) karena BPJS Kesehatan kekurangan dana,” ujarnya.

Berikut ini negara-negara dengan harga rokok termahal di dunia;
1. Australia
Harga rokok per bungkus di negara kanguru ini sekitar 25AUS$ atau sekitar Rp260.000. Sehingga seseorang akan berpikir dua kali untuk membeli rokok ini. Dari pada untuk membeli sebungkus rokok lebih baik digunakan untuk membeli barang yang lain. Australia merupakan negara dengan harga rokok paling mahal di dunia.

2. Canada
Harga rokok di Canada juga tidak jauh berbeda dengan harga rokok di Australia. Di negara ini sebungkus rokok dibanderol dengan harga sekitar CA$16-20 atau sebesar Rp160.000 – Rp200.000. Jadi tak heran jika negara ini merupakan negara yang memiliki tingkat polusi sangat rendah.

3. Inggris
Harga rokok di Inggris juga hampir sama dengan harga rokok di kedua negara di atas, yaitu sebesar 10GBP atau sebesar Rp170.000. Harga rokok ini terbilang cukup mahal sehingga jumlah perokok aktif di negara ini tidak terlalu banyak.

4. Selandia baru
Selandia baru berencana untuk menghilangkan peredaran rokok pada tahun 2025 kelak, sehingga negara ini terus menaikkan harga rokok dari tahun ke tahun. Harga sebungkus rokok di negara ini saat ini mencapai Rp221.153. Ini merupakan rokok termahal di dunia sebungkus harganya.

5. Norwegia
Norwegia merupakan salah satu negara yang sangat keras melarang rokok, bahkan di negara ini terdapat larangan untuk memajang rokok di toko-toko. Harga sebungkus di Norwegia yaitu sekitar 75NOK atau sebesar Rp125.000 sehingga setiap orang yang akan membeli rokok akan berpikir ulang untuk membelinya.

6. Irlandia
Rokok yang dijual di minimarket Irlandia dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp90.997.

7. Skotlandia
Pemerintah Skotlandia telah melarang pemajangan rokok di minimarket atau di toko-toko. Pemerintah negara ini sangat khawatir jika generasi muda mereka akan merokok di usia muda dan akan mengganggu kesehatan mereka. Sehingga pemerintah Skotlandia membanderol harga rokok cukup mahal, yaitu sekitar Rp93.490 per bungkusnya.

8. Swedia
Harga rokok di Swedia juga terbilang cukup mahal yaitu sekitar 80SEK atau sekitar Rp125.000, harga rokok di Swedia ini sama dengan harga rokok di Norwegia. Bisa dikatakan termasuk salah satu Negara ini rokoknya paling mahal di dunia.

9. Islandia
Untuk menekan jumlah konsumsi rokok, pemerintah negara ini telah memberlakukan larangan jual beli rokok di minimarket. Bahkan negara ini juga merencanakan untuk membatasi jumlah penjualan rokok dengan pembeliannya harus disertai resep dokter. Harga sebungkus rokok di negara ini yaitu sekitar Rp94.362.

10. Mauritus
Mauritus merupakan salah satu pulau yang berada di benua Afrika, pemerintah pulau ini telah menjadi pelopor kampanye anti rokok di benua ini. Kampanye anti rokok ini ditujukan dengan gambar peringatan bahaya merokok pada bungkus rokok yang hampir menutupi sebagian besar bungkus rokok ini. Harga rokok di pulau ini yaitu mencapai Rp103.000 per bungkus.

11. Amerika Serikat
Di negara Paman Sam ini, terutama di Kota New York dan Los Angeles, harga rokok Rp150.000 per bungkus. Bahkan di negara ini seorang hakim perempuan menjatuhkan hukuman berat kepada perusahaan rokok terbesar yakni Philip Morris sehingga hengkang ke negara Swiss. (cep).