Hallobogor.com, Bogor – Pancawati adalah salah satu desa di kawasan selatan Kabupaten Bogor yang berlokasi di bawah kaki Gunung Gede Pangrango. Hawanya yang sejuk dan asri membuat Pancawati menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan.

Sejak kurun dua dasawarsa ini, Pancawati sudah berubah lebih maju. Kini, Pancawati menjadi pusat outbound di Bogor. Ribuan wisatawan domestik asal Jabodetabek hingga luar negeri antre ke Pancawati setiap hari. Meningkatnya jumlah wisatawan diiringi dengan tumbuh suburnya jasa penginapan, vila, resort, hingga hotel. Sejumlah destinasi wisata baru pun hadir di Pancawati.

Mengingat besarnya potensi wisata yang dimiliki Pancawati, Maman Firmansyah alias Madom sebagai tokoh masyarakat Pancawati merasa tergerak untuk mempromosikan Pancawati agar jauh lebih maju.

“Pancawati ini punya potensi alam yang luar biasa dari sektor pariwisata. Setiap hari wisatawan datang ke Pancawati berbus-bus. Kami ingin memperkenalkan lebih banyak tentang Pancawati dan mengemasnya lebih baik. Apalagi Pancawati dekat dengan Cimande sebagai pusat budaya. Ini bisa dikolaborasikan dan dijual kepada wisatawan dalam bentuk yang positif untuk kesejahteraan masyarakat. Jadi nanti ada outboundnya, ada wisata budayanya, wisata religinya, pusat kuliner, pusat pelatihan, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Salah satu bentuk promosi yang diprakarsainya dalam waktu dekat ini adalah akan menggelar event Pancawati Bogor Sohor. “Kami akan mengundang sekitar 2.000 crosser dan para penggemar motor trail untuk menjajal trek sepanjang 49 kilometer menyusuri belantara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, 26 kilometernya adalah double track . Event akan kami laksanakan pada Minggu 17 Maret 2019,” katanya, Jumat (1/3/2019).

Menurut Madom, event ini bukanlah kompetisi grasstrack akan lebih kepada adventure menjelajahi eloknya alam Pancawati. “Tak ada lomba atau ketangkasan seperti di sirkuit, tapi lebih ke fun dan silaturahmi. Untuk treknya sendiri track anyar dan tidak terlalu ekstrem namun dijamin seru dan memacu adrenalin. Kami juga menyediakan hadiah 15 unit motor,” ujarnya.

Sedangkan bagi peserta yang ingin menjajal, dikenakan biaya pendaftaran Rp150.000 dan mendapatkan jersey, makan siang, dan tiket undian. “Sampai hari ini sudah hampir 2.000 orang yang daftar. 17 orang di antaranya dari Malaysia, Jbodetabek dan Jawa Barat, luar Jawa, termasuk club motor Matador yang dipimpin mantan Sekda Kabupaten Bogor siap bergabung. Kami juga akan memberikan reward bagi peserta terjauh, terbanyak, dan perempuan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia sekaligus pengurus IMI Jabar, H. Cece Rusdiana, menambahkan satu hari menjelang event akan dilaksanakan kegiatan penanaman 2.000 pohon melibatkan santri dan masyarakat. “Dengan kegiatan ini kami juga ingin melestarikan alam,” ucap owner C4MB ini.

Event Pancawati Bogor Sohor yang akan dihadiri MC motocross kondang Vanhau ini sudah mendapatkan perizinan lengkap dan hasil kerja sama dengan berbagai pihak. Antara lain didukung Pemkab Bogor, Wakil Bupati Bogor, TNGP, Korem, Polres Bogor, sejumlah perusahaan dan club motor, Karang Tarunan RAPI Triple C, C4MB, beberapa hotel dan resort di Pancawati. Yang tak kalah menarik, event ini menyediakan hadiah 15 unit motor. Info leboh lanjut bisa menghubungi 0822-2710-1515 atau 0812-2436-127. (cep)