Hallobogor.com, Cibinong – Kabar gembira bagi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Bupati Bogor, Nurhayanti mempersilahkan pegawainya untuk menggunakan mobil dinas untuk mudik Lebaran tahun ini. Hal itu dikatakan Nurhayanti, Jumat (10/7). “Daripada mobil dinas hilang di kantor dinas saat libur lebaran ya lebih baik di bawa mudik,” katanya.

Namun, dia buru-buru menambahkan, mobil dinas boleh dipakai mudik oleh PNS tetapi dengan syarat.”Syaratnya ada serah terima yang sudah diterima kepala Satuan Kerja Daerah Perangkat (SKPD).Kalau syarat itu, tidak bisa dipenuhi oleh PNS maka mobil dinas tidak boleh dipakai mudik,” katanya.

Mengenai mekanisme peminjaman mobil dinas, Nurhayanti mengatakan, hal itu diaturi masing-masing Kepala SKPD sebagai penggunaan anggaran. Ia mengatakan, mobil dinas yang dibawa mudik lebaran harus dirawat seperti milik pribadi. Jangan sampai mobil dinas yang dipakai mudik rusak.”Ingat ya bahwa plat mobil dinas Pemkab Bogor tidak boleh diganti dengan plat hitam,” ujarnya.



Ia mengataan, semua biaya yang digunakan operasional mobil dinas yang digunakan PNS untuk mudik ditanggung sendiri. Pemkab Bogor tidak memberikan bantuan biaya operasinal mobil dinas untuk mudik.”Saya berharap penggunan mobil dinas dapat bertanggung jawab penuh selama menggunakannya,” dia menambahkan. (sih)