Hallobogor.com, Cisarua – Sejumlah hotel dan restoran di Puncak menyediakan menu tambahan spesial ketupat pada hari ini, Rabu (15/11/2017). Hal ini berkaitan dengan tradisi peringatan Hari Rebo Wekasan atau Rebo Kasan yang dilaksanakan oleh masyarakat di kawasan Puncak, khususnya di Kecamatan Cisarua dan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor, Budi Sulistyo, mengatakan, penyediaan menu tambahan spesial ketupat ini menjadi bagian dari upaya melestarikan tradisi dan budaya masyarakat Jawa Barat khususnya di Bogor.

Manager Hotel Prabu Cisarua, Witoro, mengatakan, hotelnya juga menyediakan menu ketupat pada hari ini. Bahkan hotelnya rutin menyediakan menu spesial ketupat setiap Rebo Kasan.

“Intinya kami sangat setuju kalau acara Rebo Kasan ini dijalankan setiap tahun khususnya di jalur Puncak ini. Utamanya mungkin acara ini bentuk syukuran atas nikmat yang diberikan Allah SWT sampai saat ini. Kalau bisa memang digelar bersama dan syukuran doa bersama untuk tolak bala,” ungkap Witoro yang juga Manager Hotel dan Restoran Arimbi. 

Sebelumnya, Camat Cisarua Bayu Rahmawanto secara resmi mengimbau seluruh pemilik atau pimpinan hotel dan restoran di kawasan wisata Puncak, untuk menyediakan menu spesial tambahan ketupat pada hari ini, Rabu 15 November 2017. 

Dalam isi suratnya, camat menjelaskan bahwa dalam rangka melestarikan tradisi setiap hari Rabu terakhir bulan Syafar masyarakat Puncak memperingati Hari Rabu Wekasan (Rebo Kasan). Bentuk tradisi ini di antaranya warga membuat menu ketupat (kupat). (cep)