Hallobogor.com, Bogor – Penanaman pohon ke-170 dilakukan rutin oleh komunitas Gerakan Tanam Pohon (GTP) Kota Bogor di Taman Lansia Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Minggu (28/3/2018). Aksi peduli lingkungan kali ini dihadiri Tsumy, mahasiswa antropologi dari Jepang, dan aparat kelurahan Babakan.

Heri Cahyono selaku inisiator GTP, mengungkapkan, awalnya si mahasiswa Jepang tersebut merasa kebingungan mengangkat tema study yang paling pas maupun daerah yang cocok di Indonesia untuk penelitiannya. “Si mahasiswa ini lantas searching di internet. Ketika melihat Kota Bogor, ia merasa terkesan menemukan kegiatan yang menurutnya unik yaitu GTP. Singkat waktu ia tertarik dan diajak teman saya, Dani, menemui saya lalu diberikan kaos GTP dan langsung hari ini ikut serta menanam,” ungkapnya.

Menurut Heri, GTP ini mungkin bermanfaat untuk diterapkan di negara Jepang. “Jadi Tsumy ini juga tertarik dengan kegiatan-kegiatan lingkungan,” ujarnya. 

Sementara Tsumy mengaku sangat senang bisa menyaksikan sendiri bahkan ikut menanam bersama GTP. Ia pun berharap kegiatan GTP ini terus dilakukan secara rutin serta bisa menjadi bahan masukan jika nanti di negaranya bisa dilaksanakan.

“Ini adalah kesan saya dalam sebuah umur hidup di Kota Bogor, ada gerakan tanam pohon, dan ini adalah kesan yang sangat mendalam dan sangat senang berada di sini,” ucapnya.

Di Jepang sendiri, kata Tsumy, tidak ada kegiatan seperti ini. “Indonesia lebih baik dari pada Jepang dengan melaksanakan kegiatan ini,” imbuhnya. (dns)