Hallobogor.com, Bogor – Ingin mengetahui kepuasaan masyarakat terhadap pelayanan, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Terpadu melakukan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Hasilnya, RPH mengantongi nilai indeks baik.

Survei IKM dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 25 Tahun 2004. Survei tersebut menggunakan kuisioner yang disebar kepada 50 responden yang menjadi pelanggan UPTD RPH Terpadu.

Seperti dikutip Halloapakabar.com, survei dilakukan untuk mengetahui kepuasan pelayanan di bidang pelayanan pemotongan sapi/kerbau, pemotongan kambing/domba, pemotongan ayam, pasar hewan kambing/domba, dan magang mahasiswa/dinas.

Dari hasil survei IKM didapatkan sembilan unsur mendapat nilai indeks kepuasan baik dan satu unsur mendapat nilai indeks sangat baik. Kesepuluh unsur ini meliputi kesesuaian persyaratan pelayanan, kemudahan prosedur pelayanan, kecepatan pelayanan, kesesuaian biaya pelayanan, kejelasan produk pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kesesuaian maklumat pelayanan, penanganan pengaduan pelayanan, serta keamanan dan kenyamanan pelayanan.

Dari hasil pengolahan data ini menunjukkan, bahwa pelayanan UPTD RPH Terpadu memiliki interval IKM rata-rata sebesar 3,10 yang apabila dikonversi dengan nilai dasar menjadi 77,7 yang dapat dikategorikan B atau Baik.

Menanggapi hasil positif ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat pun menyambutnya dengan gembira. “Yang pertama tentunya saya mengucapkan selamat. Tapi, dengan hasil ini tentunya tidak boleh juga malah jadi berbangga diri, justru ini harus menjadi rujukan dan harus terus dipertahankan,” ucap Sekda, Kamis (24/03/2016). (hrs).