Hallobogor.com, Cibinong – Dari sekian kandidat calon pemimpin baru di Kabupaten Bogor pada Pilkada 2018 mendatang, nama H. Asep Ruhiyat S.Sos, MM, salah satu yang patut diperhitungkan dan layak untuk dipilih. Kualitas dan prestasi bakal calon bupati/wakil bupati dari kalangan birokrat ini sudah terukur.

Salah satu buktinya, beberapa hari lalu H. Asep Ruhiyat mampu memecahkan rekor meraih kenaikan pangkat luar biasa dan langka, hanya 1,5 tahun, dari Pembina IV/a ke Pembina Tingkat I IV/b.

Kenaikan pangkat luar biasa ini berkat prestasinya menjadi juara kedua dalam ajang event golf internasional Asean Civil Service Games (ACSG) di Kualalumpur, Malaysia 15-19 November 2015 silam. 

Kenaikan pangkat pilihan menunjukkan prestasi luar biasa baiknya terhadap Asep Ruhiyat ini, sebetulnya sudah diusulkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Pusat di Jakarta sejak 22 Januari 2016 lalu. Dan setelah disetujui oleh BKN 19 Juli 2017, lantas ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat pada bulan yang sama.

Pria kelahiran 9 Januari 1960 ini pun sarat akan pengalaman sebagai Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara dengan masa kerja 26 tahun. Ia pernah menjabat sebagai Kabid Pembangunan dan Rehabilitasi Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Bogor dan sekarang menjabat sebagai Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor. 

Selain aktif di Percasi dan PMI, Asep merupakan atlet golf andalan dsn kebanggaan Bogor dan Jawa Barat.

Sejak lama, Asep Ruhiyat juga dijuluki McGyver Bogor. Tentang julukan ini, sudah lama diakui para petinggi di Jawa Barat maupun Kabupaten dan Kota Bogor, karena kecepatan, tepat, efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai masalah.

Dari sisi jaringan, Mr. ‘McGyver’ Bogor ini pun patut diacungi jempol. Sejumlah nama tenar sekelas Marsekal TNI (Purn) Herman Prayitno, Dubes RI di Malaysia (2012-2015) serta Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar berada di sekelilingnya.

“Prestasi pegolf Kabupaten Bogor, Asep Ruhiyat di ajang 1st ASEAN Civil Service Games di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2015 memang luar biasa, karena mampu menjadikan Indonesia menjadi juara umum kedua. Karenanya, jika ia kini dinaikkan pangkatnya itu wajar, malah jadi kebanggaan tersendiri bagi daerahnya. Dan, itu bisa jadi bekal Asep untuk maju jadi calon Bupati Bogor 2018, dia bisa jadi contoh bagi warga Bogor,” ungkap mantan KSAU Marsekal TNI (Purn.) Herman Prayitno, kepada wartawan, Selasa (10/10/2017).

Prestasinya juga diapresiasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi (Jaro Ade). “Semoga prestasi Kang Asep Ruhiyat bisa jadi motivasi ASN lain. Apa yang diraih Kang Asep adalah hasil kerja keras,” tutur bakal calon Bupati Bogor dari Partai Golkar itu.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bogor, Adang Suptandar menyatakan bahwa prestasi Asep Ruhiyat memperoleh kenaikan pangkat luar biasa (1,5 tahun) terkait prestasinya di cabor Golf tingkat ASEAN itu sangat langka. “Sepanjang saya di Pemkab Bogor, baru kali ini terjadi kenaikan pangkat istimewa. Itu rekor buat Asep Ruhiyat. Sebelumnya belum pernah ada, karenanya wajar ini jadi kebanggaan Pemkab Bogor dan warganya,” tandas Adang.

Ia berharap, prestasi Asep Ruhiyat ini kian dipromosikan ke ASN lain, agar mereka termotivasi untuk meraih prestasi, tak hanya di cabang olahraga, namun juga di bidang lain. Seperti diketahui, kenaikan pangkat reguler di ASN terjadi minimal 4 tahun, bisa lebih, itu pun bagi yang memiliki jabatan. Bahkan, ada yang delapan tahun, mentok.

“Belum pernah ada ASN Kabupaten Bogor menerima penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa seperti yang diterima Pak Asep. Sepanjang saya bertugas di Pemkab Bogor belum pernah ada, ya baru Pak Asep saja yang menerima ini,” kata Adang.

Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Kabupaten Bogor Zaenal Safrudin menambahkan, Asep Ruhiyat figur yang segalanya bisa dia lakukan. “Asep McGyver Ruhiyat segalanya bisa dengan jaringan dan komunikasinya. Saya bangga ada warga Bogor yang mendapat penghargaan kenaikan pangkat luar biasa seperti Pak Asep,” tandas Zainal. (cep)