Hallobogor.com, Kota – Shahlan Rasyidi adalah Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor. Memulai karirnya dari nol, Pria beristri ini memiliki dua orang anak, dan mempunyai segudang prestasi dalam perjalanan karirnya.

Mengenyam pendidikan SD s/d SMA di Sumedang, lalu kuliah di Universitas Pakuan Bogor, dan meraih Sarjana tahun 1988. Pendidikan S2-nya ditemput di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jakarta tahun 2003.

Syahlan, yang memulai karirnya sebagai staf di Departemen Penerangan Bogor Timur tahun 1986. Selama di Departemen Penerangan, beliau sempat menjabat sebagai Kepala Seksi Kehumasan Daerah hingga departemen tersebut dibubarkannya, dan akhirnya beliau pindah ke Pemda sebagai Humas.

Tahun 2005, beliau menjabat sebagai Sekretaris Pribadi, sampai akhirnya menjabat sebagai Lurah Pamoyanan selama 8 bulan.

Pria yang aktif di berbagai organisasi sejak di sekolah dasar ini pun menapaki karirnys sampai menjadi Camat Bogor Selatan selama 8 bulan.

Setelah menjadi Camat, Rasyidi berpindah ke Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai Kepala Bidang Kebudayaan.

Selama dua tahun sebagai Kabid, beliau berhasil meneliti dan mendata banyak benda bangunan cagar budaya (BCB) atau situs yang ada di Kota Bogor, selain itu, beliau juga rajin pementasan pertunjukan seni ke mall-mall yang menyedot perhatian banyak orang.

Prestasi lainnya yang sempat beliau raih saat menjabat sebagai Kepala Bidang Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH). Antara lain: berhasil mencetak sekolah Adiwiyata Mandiri dari satu menjadi tiga belas sekolah, Sekolah Adiwiyata Nasional sebanyak dua puluh lima, dan empat pulus sekolah Adiwiyata Provinsi.

Setelah tiga tahun menjabat sebagai Kabid BPLH, beliau berpindah ke Dinas Pertanian dan menjabat Kepala Bidang Pertanian selama 8 bulan. Kemudian saat ini beliau sedang menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor. (cok)