Hallobogor.com, Jakarta – Kulit wajah manusia akan mengendur seiring dengan pertambahan usia, namun ada beberapa faktor eksternal yang justru mempercepat proses itu.

“Faktor eksternal termasuk di antaranya sinar UV (ultra violet), polusi, merokok, lalu gaya gravitasi, merupakan faktor eksternal yang menyebabkan sagging skin (kulit mengendur),” kata dokter spesialis kulit dan kelamin Hafiza Fikri Fadel di Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Kulit cepat kendur itu, ujarnya, termasuk tanda-tanda penuaan dini. Cara mencegahnya, dengan rutin menggunakan pelembap wajah dan tabir surya dengan kandungan antioksidan.

“Kulit yang lembap membantu kerja enzim-enzim dan bahan aktif antioksidan sangat penting, sebab ia faktor yang bisa menghambat proses penuaan,” ujar dia.

Ia menjelaskan, produk perawatan kulit dengan kandungan antioksidan dapat menghambat enzim yang berperan memecah kolagen dan elastin, untuk menjaga elastisitas kulit.

Selain itu, ia menekankan kunci untuk melawan tanda penuaan kulit adalah pemakaian produk perawatan wajah anti-aging secara konsisten.

“Sebaiknya jangan bolong-bolong, karena produk perawatan kulit itu mengandung bahan aktif yang sebenarnya membantu menjaga kekenyalan kulit, menghindarkan radikal bebas, dan pembentukan dark spot,” tuturnya, seperti dikutip Indonesiaraya.co.id. (lws)