Hallobogor.com, Kota Bogor – Anak adalah titipan dan amanah Ilahi. Sedangkan para orangtua adalah guru yang berkewajiban mengisi dan membekali mereka.

Selain anak-anak berhak memperoleh pendidikan, juga mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan perlindungan.

Demikian hal tersebut diungkapkan Bunda PAUD Kota Bogor, Yane Ardian, dalam sambutannya pada acara gebyar PAUD Kota Bogor 2016 di Stadion GOR Pajajaran Bogor, Rabu (14/12/2016).

Ia mengungkapkan, saat ini banyak kejadian menimpa anak Indonesia, sehingga setiap orangtua harus terus berjuang memberikan perlindungan kepada mereka.
Setiap anak memiliki potensi luar biasa, baik potensi akademik, sosial budaya dan kreatifitas, di samping memiliki potensi spiritual.

Untuk ini, dirinya mengajak sama-sama mengisinya dengan menjadikan mereka generasi unggul dan manusia holistik manusia yang luar biasa, yang selalu ingin belajar.

Pada kesempatan ini, Yane memaparkan tentang tiga tahap pendidikan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW terhadap putera-puterinya.

Tahapan tersebut, antara lain 7 tahun pertama anak-anak dijadikan sebagai pangeran. Layani dan isi mereka dengan nilai-nilai yang luar biasa.

7 tahun kedua, jadikan mereka pelayan. Didik mereka agar percaya diri untuk melayani dan memiliki rasa tanggung jawab.

Dan 7 tahun ketiga, didik putera-puteri menjadi seorang pemimpin. “Mudah-mudahan 3 tahap anjuran Nabi dalam mendidik anak bisa dijalankan untuk menjadikan mereka anak yang berbakti kepada agama, keluarga dan negaranya,” tandasnya. (ris)